Jelang Idul Adha, Ini Strategi PD Pasar Antisipasi Lonjakan Harga

PD Pasar Makassar Raya sidak di Pasar Pa'baeng-baeng, Senin (6/7/2020) - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PD Pasar Makassar Raya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional jelang hari raya Idul Adha 2020. Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan mengatakan jika berdasarkan pemantauan beberapa hari terakhir, beberapa harga bahan pokok sudah naik.

“Namun, jelang hari raya Idul Adha tidak ada lonjakan signifikan, seperti saat bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri,” katanya, Senin (6/7/2020).

Meski demikian, PD Pasar tetap mengambil strategi untuk mengantisipasi lonjakan harga itu. Diantaranya, rutin melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan di dalam pasar setiap harinya. 

“Kami melakukan giat di 18 pasar tradisional yang memang memiliki gedung, tidak hanya itu kami juga melakukan sosialisasi di 24 pasar darurat dan pedagang kaki lima,” terangnya.

Selama pandemi Covid-19 di kota Makassar mewabah, PD Pasar juga melakukan upaya pencegahan penyebaran dengan menyediakan sistem belanja online dan jasa pengantaran.

“Jadi warga saat ini bisa membuka website pasarmakassar.pro untuk melihat 45 komoditi di 12 pasar di Kota Makassar. Kami siapkan kontak person dan kami siap mengantarkan barang belanjaan ke rumah," ujarnya.

Sebelumnya, PD Pasar Makassar Raya telah memperketat protokol kesehatan untuk diterapkan di 18 pasar tradisional sebagai langkah memutus penyebaran virus corona sesuai anjuran pemerintah.

Saharuddin Ridwan mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19, tentu saja ada penyesuaian yang diterapkan apalagi jelang hari raya Kurban.

“Protokol kesehatan tetap dilaksanakan, seperti cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Kami juga tetap mengimbau pedagang agar menerapkan pangan aman artinya pangan yang dijual tetap higienis,” terangnya.