BI Prediksi Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Idul Fitri

Pedagang di Pasar Terong, Makassar / foto: Ariani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bank Indonesia Wilayah Sulsel memprediksi akan ada kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok jelang Idul Fitri 1440 Hijriah. Hal tersebut tercermin dari fenomena kenaikan harga barang kebutuhan pokok dan strategis pada bulan Ramadhan ini.

Fenomena ini terlihat, harga kebutuhan relatif lebih tinggi dibandingkan rata-rata bulan lainnya.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, mengatakan, kenaikan tersebut dapat memicu laju inflasi Sulsel. Diakui Bambang, harga barang selama bulan suci Ramadan dan jelang Idul Fitri cenderung mengalami peningkatan seiring meningginya aktivitas konsumsi masyarakat.

Untuk itu, BI telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kabupaten/kota dan provinsi untuk memetakan langkah taktis yang perlu ditempuh bila terjadi gejolak harga jelang Idul Fitri.

“Tak hanya itu, identifikasi bahan kebutuhan pokok juga terus dilakukan untuk memastikan stok dan harga dalam kondisi aman terkendali,” kata Bambang.

Bambang mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan berbelanja jelang Idul Fitri. Hal tersebut untuk menekan potensi permainan harga pasar yang dapat memicu laju inflasi.