Bantah Hapus Pertalite, Pertamina: akan Terus Didistribusikan ke SPBU

Pengendara roda dua antre membeli pertalite di salah satu SPBU di Makassar, Selasa (7/5) - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi, Romi Bahtiar tegas membantah isu penghapusan pertalite. 

"Pertamina bukan menghapus tapi menambah BBM jenis baru yaitu Pertamax Green 95 karena ini lebih ramah lingkungan," jelas Romi Bahtiar kepada CELEBESMEDIA, Selasa (7/6/2024).

Romi juga menegaskan Pertamina tetap berkomitmen akan menyalurkan BBM jenis pertalite ke seluruh SPBU di Indonesia. 

"Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga tetap berkomitmen melakukan penyaluran Pertalite sebagaimana yang telah ditetapkan dan ditugaskan oleh Pemerintah, keputusan menghapus/tidak menyalurkan Pertalite merupakan wewenang Pemerintah," jelasnya.

Romi menjelaskan wacana akan digantikannya pertalite menjadi pertamax green 95 merupakan wewenang penuh pemerintah bukan dari Pertamina.

"Masalah penghapusan atau pencabutan pertalite itu wewenang pemerintah dan bukan wewenang pertamina.Tapi pertamina tetap akan menyalurkan pertalite di seluruh SPBU tiap tiap wilayah, dan memastikan pasokan nya tersedia," tandasnya.

Makassar pun belum memiliki stok Pertamax Green 95 untuk diperjualbelikan ke konsumen. Pertamax Green 95  kata Romi baru tersebar terbatas di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta Jawa Timur. 

"Kalau di Makassar, belum tersedia Pertamax Green 95, belum ada, karena memang terbatas, dan saat ini hanya ada di daerah Jakarta dan Jawa saja, di 65 SPBU Jabodetabek dan Jatim, yang jelas kami tetap terus memastikan ketersediaan pertalite di setiap SPBU di Makassar, maupun Indonesia secara umum, " ungkap Romi. 

Pertamax Green 95  merupakan produk terbaru Pertamina merupakan bahan bakar kualitas tinggi yang lebih ramah lingkungan karena memiliki nilai Oktan 95 & Ethanol 5% (bahan Nabati dari Molase Tebu).

Laporan: Riski