Aduh, Harga Bawang Merah Melambung Tembus Rp50.000 per Kilogram

Bawnag merah dan Bawang putih - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga bawang terus merabgkak naik. Baik itu bawang putih, mau pun bawang merah

Terpantau di 2 pasar tradisional Makassar yakni Pasar Pa'baeng-baeng dan Kalimbu, Kamis (9/5/2024) harga bawang merah menbus angka Rp50.000 per kilogram. Padahal harga normalnya Rp30.000 per kilogram.

Harga tersebut unik bawang merah asal Bima. Sedangkan bawang merah asal Bantaeng harganya lebih murah Rp35.000 per kilogram. Meski leboh murah tetapi harga ini juga kauh di atas harga normal yang biasanya hanya Rp25.000 per kilogram.

Hal yang sama juga terjadi pada bawang putih yang harganya turut meroket. Bawang putih di pasar saat ini seharga Rp40.000 per kilogaram. Naik Rp10.000 dari harga sebelumnya.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Pa'baeng-baeng, Hasnah (50) menduga kenaikan harga bawang disebabkan stok yang masih minim karena belum memasuki masa panen raya untuk bawang merah dan bawang putih. 

"Harganya masih mahal karena memang belum panen orang di kampung jadi naik ki harganya, karena stok masih sedikit. Kemarin ini pas di Bantaeng barusan juga saya liat panen, tapi walaupun misal sudah panen itu tidak bisa langsung turun drastis, pasti bertahap," jelas Hasna. 

Pedagang asal Bantaeng ini menjelaskan selain stok yabg sedikit, penyebab harga bawang naik juga transportasi dan banjir pada beberapa wilayah juga menkadi menyebab koan mahalnya harga bawang.

"Selain belum semuanya panen, salah satu kendalanya juga ini masalah transportasi nya toh, karena kan banjr dan longsor. Malahan mungkin bisa saja ini bawang dan lain-lain kembali lagi naik harganya karena masalah ini, " pungkasnya.

Laporan: Riski