Besok, BLT Subsidi Gaji Dijadwalkan Cair

Ilustrasi BLT subsidi gaji dijadwalkan cair Kamis (12/8/2021)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 947.499 terdata akan mendapatkan BLT subsidi gaji.  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan BLT subsidi gaji senilai Rp1 juta bakal masuk ke rekening pekerja pada Kamis (12/8/2021) besok.

"Mudah-mudahan Kamis (12/8) sudah di rekening penerima," ujar Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi kepada CNNIndonesia, Selasa (10/8/2021).

Seperti yang diberitakan sebelumnya jika tidak semua pekerja menerima bantuan subsidi upah tersebut. Pekerja yang mendapatkan bantuan ini hanyalah mereka yang memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

Lalu, pemerintah hanya akan memberikan subsidi gaji kepada buruh yang bekerja di wilayah yang menerapkan PPKM level 3 dan level 4.

Selain itu, pekerja harus menjadi peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mencairkan dana BLT subsidi upah senilai Rp947,499 miliar ke rekening Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsostek) Kemnaker.

Ia menjelaskan bahwa dana yang masuk ke rekening Ditjen PHI Jamsostek selanjutnya akan ditransfer ke bank Himbara. Nantinya, bank Himbara akan mencairkan dana tersebut ke rekening masing-masing penerima.

Rencanya, BLT subsidi gaji diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan sekaligus. Secara total, buruh akan mendapatkan Rp1 juta.