Tersiar Kabar Akan Akuisisi Bank Royal, Saham BCA Diborong Asing

Pagi ini, hingga pukul 09.41 WIB saham berkode BBCA menguat 2,61% ke level harga Rp 27.600/saham - (foto by CNBCIndonesia)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta – Harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) pada perdagangan hari ini, Rabu (20/2/2019), merangkak naik. Hal ini setelah tersiar kabar BCA akan mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia.  Investor asing tampaknya tak mau ketinggalan dan ikut melakukan perburuan saham bank swasta terbesar ini. 

Dilancir CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia, Rabu pagi ini (20/2/2019), hingga pukul 09.41 WIB saham berkode BBCA menguat 2,61% ke level harga Rp 27.600/saham. Volume transaksi tercatat mencapai 4,97 juta saham senilai Rp 136,89 miliar. Investor asing tercatat melakukan beli bersih (net buy) senilai Rp 49,53 miliar. 

Hari ini, mencuat kabar BCA akan mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Namun manajemen BCA masih enggan buka suara terkait hal tersebut.  "Sementara manajemen sepakat belum sampaikan ke pers," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja, Rabu (20/02/2017).  

Pernyataan tersebut disampaikan merespons pemberitaan Harian Kontan yang menyebutkan BCA akan mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Dalam berita tersebut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Heru Kristiyana, yang menyebutkan nama Bank Royal Indonesia. 

Kemarin, Jahja sempat mengatakan rencana BCA untuk akuisisi bank belum teralisasi karena belum cocok dengan harganya. "Belum lah [akuisisi bank]. Harga belum cocok, lihat isinya gimana, penyesuaian-penyesuaian harga lagi, jadi gitu," jelas Jahja di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Selasa (19/2/2019). Jahja menambahkan manajemen BCA akan mempublikasikan akuisisi tersebut bila sudah siap. "Bank BUKU I saya enggak mau sebut nama deh. non-Tbk," ujarnya Jahja.

Jahja menambahkan BCA sedang dalam proses due deligence. Proses ini pun tidak cepat. harus dicek lagi dan diteliti agar tidak ada yang catat atau bermasalah. "Kalau bank asing cepat karena mereka mau beli izin karena mereka incar banking network antar bank. Kalau kita kan sudah banyak cabang, nasabah juga banyak, harus teliti," jelas Jahja. Sebelumnya nama Bank Ganesha dan Bank Harda sempat disebut-sebut akan diakuisisi oleh BCA. Namun kabar tersebut gugur. 


Tags : BCA BANK BCA SAHAM