Virus Corona Masuk Indonesia, Polisi Jaga Pusat Perbelanjaan dan Pasar

Ilustrasi : Aparat kepolisian - (foto by newtheme.jurnalasia.com)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta – Pasca pengumuman oleh pemerintah terkait adanya dua Warga Negara Indonesia yang positif terinfeski virus corona, Senin kemarin, pihak kepolisian kini melakukan penjagaan dan pengamanan di sejumlah pusat perbelanjaan dan pasa-pasar tradisional. Tindakan pencegahan dan pemantauan ini terkait meningkatnya aktivitas aksi borong setelah pengumuman tersebut.

Dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNNIndonesia, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan hal tersebut. "Setelah kami mendapat info suspect terhadap virus, kami minta kepada anggota turun ke lapangan memantau khususnya tempat-tempat perbelanjaan," katanya di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020). 

Kabareskrim mengakui adanya peningkatan aktivitas di beberapa pusat perbelanjaan dan pasar tradisional. "Semuanya, semua yang di dalam pantauan kita ada aktivitas meningkat kita turunkan," katanya tanpa merinci pusat perbelanjaan yang mengalami peningkatan. Pengamanan ini jelasnya untuk menjaga ketertiban dan tak terjadi pergolakan di masyarakat. "Jangan sampai eskalasinya menjadi tidak bagus," katanya.

Senin (2/3/2020), Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto memastikan dua warga negara Indonesia (WNI) positif virus corona (Covid-19) dan kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Dua pasien tersebut diisolasi di ruang khusus yang tidak ada kontak langsung dengan orang lain.