Transaksi Digital di Sulsel Tumbuh Positif Sepanjang 2022

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang pesat di Sulawesi Selatan. Sepanjang 2022, nominal transaksi Uang Elektronik (UE) di Sulsel mencapai Rp6,8 triliun, tumbuh 26% year-on-year.

Nominal transaksi ATM atau Debit mencapai Rp274 triliun atau tumbuh 35% year-on-year. Sementara, nominal transaksi Kartu Kredit mencapai Rp3,3 triliun, tumbuh 13% year-on-year.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko menyebut, dari sisi ekonomi digital, nominal belanja e-commerce hingga September 2022 mencapai Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year.

"Berbagai indikator menunjukkan bahwa transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang sangat pesat di Sulawesi Selatan. Ini buah dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder," kata Bambang dalam acara South Sulawesi Digital Festival 2023 di Grand Claro Hotel, Senin (20/03/2023).

Sementara perkembangan QRIS di Sulsel juga melaju kencang. Dari sisi supply, hingga akhir Januari 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai 768.874 merchant dimana 86% di antaranya adalah UMKM.

"Dari sisi demand, jumlah pengguna QRIS telah mencapai 516.04," tambah Bambang.

Untuk mendorong transformasi dan integrasi digital khususnya pada sistem pembayaran nasional, Bank Indonesia telah menyediakan berbagi inovasi layanan digital salah satunya adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Selain mendorong digitalisasi di lingkungan pemerintah daerah, Bank Indonesia juga terlibat aktif dalam mendukung beberapa program digitaliasi di daerah. Seperti memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TPPDD).

"Kedua, transformasi penyaluran bansos menjadi nontunai, memperluas elektronifikasi moda transportasi dan keempat memperluas digitalisasi UMKM," tandasnya.

Salah satu program flagship tahunan Bank Indonesia adalah Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dimana South Sulawesi Digital Festival merupakan rangkaian pre-event FEKDI yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Laporan : Mardianto Lahamid