Waspada Pembobolan Saldo Rekening Melalui M-Banking, Ini Langkah Antisipasinya

Ilustrasi / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Hadirnya fasilitas mobile banking (banking">m-banking) yang disediakan perusahaan perbankan memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Hanya menggunakan gadget, transaksi bisa dilakukan.

Namun, di balik kemudahan itu, ada ancaman keamanan yang mengintai. Saldo nasabah bisa dibobol oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan data pribadi dan nomor ponsel. Seperti yang dialami wartawan senior, Ilham Bintang, pada pertengahan Januari lalu. Saldo di rekeningnya ditarik hingga ratusan juta Rupiah setelah nomor ponselnya dicuri.

Penggunaan nomor ponsel untuk mengakses fitur mobile banking bisa sangat berbahaya jika hilang atau jatuh ke tangan yang salah.

Karena itu, Kepala Kantor BCA Wilayah IV Makassar, Hendrik Sia, menghimbau nasabah dan pengguna jasa keuangan untuk menjaga pin mobile banking. “Pakailah pin yang sulit ditebak atau diketahui orang lain,” ucapnya.

Hendrik juga menghimbau untuk para nasabah jasa keuangan agar tidak gampang memberikan data pribadi kepada pihak ataupun instansi yang kurang dikenal. Hal itu terjadi ketika nasabah banyak melakukan pengajuan kredit dan bentuk jasa keuangan lainnya dimana memang dibutuhkan data pribadi.

“Yang ditakutkan, data kita itu akan disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucapnya.