Suasana Hati Buruk? Konsumsi 6 Makanan Moodbooster Ini

Ilustrasi es krim dan pisang yang dapat mengembalikan mood dengan cepat - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tahukah Anda bahwa beberapa makanan juga bisa menjadi mood booster atau pembangkit suasana hati? Ya, alih-alih melampiaskan bad mood, mengonsumsi makanan tidak sehat saat bad mood justru bisa memperburuk suasana hati, lho. Jadi, saat butuh mood booster, sebaiknya pilihlah makanan yang dapat meningkatkan mood. 

Nah berikut 6 jenis makanan yang dapat menjadi moodboster saat kondisi harti sedang buruk yang dihimpun CELEBES MEDIA.ID dari berbagai sumber: 

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang bisa jadi moodbooster. Cokelat hitam dapat membantu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh, yaitu hormon yang dihasilkan ketika stres. Selain itu, mengonsumsi sebatang cokelat hitam juga bisa membantu merangsang otak melepaskan hormon endorfin dan serotonin. 

2. Es krim

Dengan porsi yang tak berlebihan, es krim akan membantu menaikkan mood dengan cepat. Ini karena es krim krim mengandung senyawa yang merangsang produksi thrombotonin. Hormon ini akan mampu mengangkat suasana hati dan mencegah perubahan mood. Kandungan susu dalam es krim juga bisa menenangkan perasaan dan mencegah insomnia lho.

3. Pisang

Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6, yang baik dikonsumsi sebagai moodbooster. Vitamin B6 berperan penting dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin dalam tubuh. 

Hormon serotonin diperlukan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi masalah kesehatan mental, seperti depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Namun, justru itu yang menjadikan oatmeal sebagai makanan mood booster yang bisa dicoba. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah. 

Hal itu dapat membuat gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil. Oatmeal juga mengandung selenium yang efektif untuk menjaga suasana hati tetap baik dan pengaturan kelenjar tiroid.

5. Buah beri

Makan lebih banyak buah dan sayuran telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah

Meskipun mekanismenya tidak jelas, diet kaya antioksidan dapat membantu mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan mood lainnya.

Buah beri adalah buah yang mengemas berbagai antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran kunci dalam memerangi stres oksidatif, yakni ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh.

6. Alpukat 

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan tubuh manusia maupun untuk kecantikan. Dan ternyata alpukat juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa mengembalikan mood loh.

Pasalnya alpukat diperkaya dengan kandungan vitamin B yang baik untuk mengatasi kelelahan serta membantu tubuh untuk lebih rileks karena dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, lemak yang terkandung di dalamnya juga bisa mengurangi stres dan membuat orang yang memakannya lebih bahagia. Hal ini disebabkan karena asam folat yang ada di dalamnya bisa meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh. Karena itu, setelah makan alpukat, mood dan semangat kamu pasti akan meningkat.

Jadi saat suasan hari sedang sedih atau kesal, ada baiknya cobalah mengkonsumsi salah satu makanan yang dapat mengembalikan mood Anda dengan cepat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!