4 Tips Liburan Hemat di Akhir Tahun

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhir tahun kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk berlibur. Namun sering kali keterbatasan anggaran membatasi keinginan seseorang untuk segera merealisasikan rencana liburannya.

Tak perlu khawatir sebab ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat liburan.

1. Mengatur skala prioritas pengeluaran

Aturlah skala priorita pengeluaran saat liburan. Misalnya membeli cenderamata mungkin tidaklah terasa mahal. Namun, berpotensi menjadi sumber pengeluaran yang tidak terkontrol jika dilakukan tanpa batasan.

Ada baiknya Anda lebih mengalokasikan anggaran untuk menikmati destinasi wiasata atau pun kuliner khas yang hanya bisa dinikmati di lokasi liburan Anda.

2. Memilih destinasi wisata dapat diakses dengan berbagai macam moda transportasi

Pilihlah destinasi wisata yang dapat dijangkau oleh berbagai macam moda transportasi. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan pilihan transportasi dengan bujet yang dimiliki.

Misalnya bisa melakui jalur laut jika transportasi jalur udara terasa lebih mahal.

3. Mencari paket

Pandailah mengejar paket wisata. Di akhir tahun banyak destinasi wisata yang menawarkan paket wisata. Misalnya paket transportasi dan hotel. Tentu akan lebih murah mengambil.paket wisata dibandingkan mengeluarkan masing-masing pada saat pemesanan hotel dan transportasi.

Tentunya, paket seperti itu sangat membantu perencanaan liburan, terutama jika bepergian bersama keluarga besar.

4. Manfaatkan promo di lokasi wisata

Tidak hanya promo tiket transportasi, Anda juga harus memanfaatkan promo akhir tahun lainnya misalnya di tempat kukiner atau pun tempat menginap yang telah Anda booking.