Jangan Kalap! Ini 3 Bahaya Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi buka puasa - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Saat berbuka puasa, nafsu makan yang menggebu sulit untuk dibendung, terlebih jika ada banyak hidangan yang tersedia di depan mata. 

Namun jangan mengikuti hasrat tersebut sebab akan berdampak pada kesehatan tubuh. idealnya buka puasa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis untuk memulihkan tenaga dalam porsi secukupnya.

Bahaya Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Mengutip akun resmi Kemeterian Kesehatan, berikut beberapa dampak jika makan berlebihan saat berbuka puasa.

1.  Mual dan muntah

Makan berlebihan akan menyebabkan lambung mengalami peregangan sehingga berefek pada munculnya rasa mual. Bahkan akan menyebabkan muntah.

2. Gangguan pencernaan

Terburu - buru dan makan langsung dalam porsi banyak akan membuat sistem pencernaan kaget. Dampaknya Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

3. Obesitas

Jika kebiasaan makan berlebih tersebut Anda lakukan selama sebulan tentu saja akan menaikkan berat badan yang dapa memicu obesitas.

Kementerian Kesehatan  juga meningatkan batasan aman dalam mengonsumsi gula yakni 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari. Sedangkan garam sebanyak 1 sendok teh atau 5 gram per hari. Lemak sebanyak 67 gram atau 5 sendok makan per hari.