Berbeda dari Tidur Siang, Ini Manfaat 'Power Nap' Saat Arus Balik

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu cara mengembalikan stamina selama melakukan arus balik pasca lebaran yakni dengan power nap atau tidur singkat.

Power nap berbeda dari tidur siang. Power nap memiliki durasi yang jauh lebih singkat, biasanya antara 10 hingga 20 menit. Sedangkan tidur siang dapat berlangsung lebih lama, seringkali mencapai satu hingga dua jam.

Praktisi Kesehatan Masyarakat dr. Ngabila Salama mengatakan tidur singkat atau yang lebih dikenal dengan power nap dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan fisik dan mental selama mengikuti arus mudik Lebaran 2024.

“Power nap atau tidur sekitar 15 hingga 30 menit berkhasiat untuk menambah energi sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,” kata Ngabila mengutip Antara, Sabtu (13/4/2024).

Ia menyarankan agar pemudik yabg dalam arus balik sebaiknya meluangkan waktu untuk tidur singkat di rest area utamanya pada pukul 13.00 sampai 15.00 atau malam hari.

Ia menjelaskan ada banyak sekali manfaat tidur singkat bagi masyarakat yang mengemudi kendaraan, yakni:

  • Meningkatkan kemampuan fokus dan berkonsentrasi
  • Mengurangi rasa lelah
  • Meningkatkan energi
  • Memperbaiki suasana hati
  • Melancarkan proses pelepasan hormon

Bagi Anda yang ingin melakukan tidur singkat, dapat memastikan ruangan tempat akan tidur atau suasana mobil dalam kondisi yang sepi, sejuk dan gelap. Jika ruangan terlalu terang, gunakan masker atau penutup mata.