Air Kelapa Bisa Tangkal Omicron, Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

Ilustrasi air kelapa - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi, terlebih  setelah masuknya varian Omicron. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, hingga Minggu 13 Februari kemarin jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 44.526 orang.  Sedangkan di Sulawesi Selatan 514 sementara Makassar 337 kasus.

Varian Omicron memang disebut sebagai varian yang lebih ringan gejala dan dampaknya bagi tubuh manusia namun penularannya rupaya lebih cepat sehingga tetap memiliki potensi bahaya yang harus diwaspadai.

Belum lama ini pakar nutrisi dan juga Ketua dari Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA), Dr. Rita Ramayulis merilis untuk cara terbaik untuk menangkal virus dengan meningkatkan daya tahan tubuh. 

“Sistem imunitas yang kuat akan memberikan respon yang baik yaitu dengan melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri dan virus hingga bakteri dan virus terus mati. Oleh karena itu, kita harus selalu membangun system imunitas yang kuat,’ jelas Dr. Rita seperti yang dikuti Antaranews, Senin (14/2/2022). 

Ia juga menjelaskan nutrisi yang baik lewat konsumsi mineral, protein dan vitamin serta cairan yang maksimal bisa menjaga sistem tubuh. Salah satu yang mudah didapatkan yakni air kelapa

“Kita harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa yang juga mengandung mineral. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dan bersama dengan konsumsi makanan yang seimbang akan lebih cepat pulih,” lanjut Rita. 

Air kelapa dikenal memiliki banyak manfaat. Selain untuk mengganti ion tubuh, ternyata air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh.  Sebagai minuman, kandungan utama air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin.

Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Bukan hanya itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa. 

Air kelapa juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Satu cangkir air kelapa memiliki lebih banyak kalium dibandingkan pisang berukuran sedang yang dikenal sebagai buah dengan kandungan kalium yang tinggi.  Penelitian menyatakan diet kaya kalium dapat membantu kesehatan jantung, dengan mengurangi tekanan dara yang biasa memicu stroke.