4 Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Liburan akhir tahun menjadi moment paling dinantikan sebab menjadi waktu yang tepat bercengkrama bersama keluarga.

Namun ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar liburan akhir tahun yang diimpikan dapat berjalan lancar. Butuh persiapan yang lebih matang dan uang lebih banyak karena high season. Karenanya butuh perisapan lebih awal dan tidak mendadak.

Berikut ini 4 tips mempersiapkan libur akhir tahun agar berjalan lancar yang dirangkum sari berbagai sumber.

1. Persiapkan anggaran

Liburan penghujung tahun membutuhkan biaya yang lebih besar. Terlebih jika tempat liburan yang dituju lintas provinsi atau negara.

Karenanya perlu untuk mempersiapkan anggaran jauh hari sebelumnya. Pastikan pula alokasikan budget disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Bagi pos anggaran seperti penginapan, konsumsi, transportasi, tiket destinasi dan wahana wisata.

2. Tentukan jadwal perjalanan

Persiapan awal yang tak kalah pentinv adalah jadwal keberangkatan dan kepulangan.

Selain membantu dalam menetapkan waktu cuti, hal ini juga dapat membantu memperkirakan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, seperti memesan transportasi dan akomodasi, alokasi biaya, dan menyusun perlengkapan dan bekal perjalanan.

3. Jaga kesehatan

Penting bagi Anda untuk menjaga kondisi tubuh sebelum dan selama liburan. Sebab tidak ada liburan yang menyenangkan jika Anda dalam keadaan sakit. 

Rajinkah minum air putih untuk memebuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi buah, sayur dan suplemen untuk menjaga imun tubuh.

4. Tentukan tujuan liburan

Setelah dana telah selesai disusun dan Anda sudah mengetahui berapa jumlah dana yang dialokasikan untuk liburan, selanjutnya susuan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Pastikan pilih lokasi yang sesuai dengan anggaran yang dipersiapkan. Begitu pula saat berbelanja untuk oleh-oleh dan keperluan lainnya jangan kalap dan melampaui anggaran yang telah disusun.