4 Cara Meraih Ampunan di Hari Jumat

Ilustrasi - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jumat merupakan hari mulia bagi umat muslim. Bagi umat pria yang telah dewasa dianjurkan untuk melakukan salat Jumat.

Banyak amalanJumat. yang dianjurkan sesuai sunnah. Bahkan dalam sebuah hadits dijelaskan 3 hal yang dapat dilakukan untuk meraih ampunan di Hari Jumat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi sholat Jum’at lalu dia mengerjakan salat sebanyak yang bisa dilakukannya kemudian dia diam -mendengarkan khutbah- sampai khotib menyelesaikan khutbahnya lalu dia menjalankan salat bersamanya niscaya akan diampuni dosanya antara Jumat itu dengan Jumat yang lain ditambah tiga hari.”’ (HR. Muslim, lihat Syarh Muslim [4: 169])

Mengutip muslim.or.id, jadits menjelaskan 4 cara yang dapat dilakukan untuk meriah ampunan Allah.

1. Mandi sebelum Salat Jumat

Dianjurkan untuk mandi sebelum Salat Jumat. Namun bukan berarti hal itu menjadi perkara yang wajib.

Salah satu dalil terkuat yang dianggap menunjukkan  bahwa mandi Jumat tidak wajib adalah hadits Samurah bin Jundab radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berwudhu di hari Jum’at maka hal itu cukup dan baik, sedangkan barangsiapa yang mandi maka mandi itu lebih baik.” (HR. Ahmad).

2. Salat sunnah mutlak

Dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah mutlak -dua raka’at-dua raka’at- tanpa ada batasan maksimal jumlah raka’atnya sebelum imam/khotib datang untuk berkhutbah (yaitu sebelum khotib naik mimbar), hal ini merupakan madzhab Syafi’i dan mayoritas ulama/jumhur

3.Mendengarkan khutbah Jumat

Bagi pria muslim yang telah dewasa diwajibkan melaksanakan salat Jumat. Namun sebelumnya hendaknya mereka  diam mendengarkan khutbah.

Berbicara sebelum khutbah dimulai atau -sesudah khutbah- sebelum takbiratul ihram -untuk sholat Jum’at- adalah tidak mengapa.

4. Salat Jumat

Hukum salat Jumat adalah fardhu 'ain atau wajib bagi laki-laki muslim. Perintah wajib sholat Jumat terdapat dalam Al Qur'an surat Al-Jumu'ah ayat 9.


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumu'ah:9)