7 Tips Liburan Hemat Tanpa Menguras Dompet

Ilustrasi liburan - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhir pekan di minggu kedua Februari tahun ini terasa lebih panjang.

Pasalnya ada 2 hari libur nasional yang bersamaan, yakni peringatan Isra' Mi'raj yang jatuh pada hari ini, Kamis 8 Februari. Cuti bersama perayaan Tahun Baru Imlek Jumat 9 Februari dan libur peryaan Imlek pada Sabtu 10 Februari.

Sebagian orang melewari long weekend kali ini dengan berlibur ke luar kota atau pun ke tempat wisata dalam kota.

Berlibur tentu saja membutuhkan biaya. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran saat liburan.

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut ini tips liburan asik tetapi tetap hemat.

1. Persiapkan Dana Travelling

Sebaiknya persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatanmu. Hal ini bisa membantu Anda tidak mengganggu cash flow secara boros.

Usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah Anda persiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya.

2. Pesan Tiket Tranportasi dan Penginapan Lebih Awal

Jika Anda akan liburan ke luar kota, sebaiknya memesan tiket transportasi dan penginapan sejak awal. Hindari memesan dalam waktu dekat, apalagi membeli tiket di tempat atau go-show, karena harga yang ditawarkan lebih mahal.

Anda bisa mengunjungi pameran untuk mendapatkan tiket transportasi atau pun penginapan lebih murah. Sebab saat pameran biasanya ada promo potongan harga.

3. Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Keberangkatan

Jangan lupa menyiapkan kebutuhan pokok sebelum berangkat, diantaranya obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

4Manfaatkan Free Wi-fi

Jaringan wi-fi gratis akan membantu menghemat biaya pengeluaranmu.  Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri, cari tahu informasi mengenai provider/ sewa portable wi-fi yang berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

5. Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Pilih dan tulis daftar tempat yang ingin Anda kunjungi pada kota tujuanmu. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia.

Hindari memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburanmu.

Hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya.

6. Jangan Fokus Berbelanja

Jika tujuanmu adalah refreshing dari rutinitas setiap hari, baiknya jika Anda tidak menjadikan belanja sebuah prioritas.

Baiknya kunjungi lokasi yang membuat diri Anda merasa lebih rileks dan membuat suasana hati Anda membaik.

7. Miliki Asuransi Perjalanan

Banyak traveller yang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan. Meskipun harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan itu sangat penting dimiliki untuk memberikan Anda perlindungan selama berwisata.

Asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal saja, namun delay pesawat pun dapat ditanggung.