Cara Tepat Konsumsi Teh dan Kopi Selama Puasa

Ilustrasi - (foto by Freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Minum teh dan kopi saat berbuka puasa tidak dianjurkan, karena dapat memicu naiknya asam lambung. Selain itu dampak lainnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan susah tidur.

Namun bukan berarti kedua minuman itu tidak dapat dikonsumsi saat puasa. Ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo Kencana Fitri Hudayani mengatakan mengonsumsi teh atau kopi diperbolehkan selama Ramadan namun ada aturan frekuensinya agar tidak mengganggu puasa.

“Konsumsi teh dan kopi harus dikonsumsi secukupnya, misalnya hanya satu gelas untuk teh dan satu cangkir untuk kopi per hari nya, selebihnya dianjurkan minum air putih,” kata Fitri beberapa waktu lalu, mengutip ANTARA.

Fitri pun menyarankan memilih teh dibanding kopi untuk membatalkan puasa.

Teh dinilai lebih aman di lambung untuk digunakan sebagai pembatal puasa bagi penderita asam lambung, berbeda dengan kopi yang memiliki tingkat keasaman yang bisa mengganggu orang dengan lambung sensitif, maka dianjurkan untuk mengonsumsinya setelah perut terisi.

“Teh sejauh ini lebih aman untuk penderita penyakit lambung berbeda dengan kopi yang memiliki tingkat keasaman yang dapat mengganggu pada orang sensitif lambungnya,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan meskip teh dan kopi bersifat diuretik atau merangsang buang air kecil, namun tidak menimbulkan rasa haus yang berlebihan.