Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memiliki investasi pribadi saat ini sudah menjadi gaya hidup produktif di kalangan anak muda.

Namun bagi pemula tentunya harus lebih berhati-hati saat akan berinvestasi sebab jika salah langkah maka akan berdampak pada kerugian. Bagi yang berinvestasi namun belum memiliki pengalaman, berikut ini tips investasi aman bagi pemula.

1. Investasi sesuai profil risiko

Pastikan profil pengguna sudah sesuai dengan jenis investasi yang mereka butuhkan.

Poin penting yang perlu diperhatikan profil pekerjaan, status pernikahan, hingga besarnya risiko investasi yang dapat ditanggung.

“Untuk pemula, ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama berinvestasi sesuai dengan profil risiko,” kata PR & Corporate Communication Lead Bibit William, salah satu aplikasi investasi digital di Indonesia mengutip Antara, Ahad (19/11).

2. Menabung rutin

Anda tidak akan menebak-nebak besaran tabungan investasi yang sudah dilakukan jika menabung rutin dalam jumlah yang sama.

Selain itu dengam cara ini investasi pun akan lebih maksimal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

“Metode yang cocok untuk pemula adalah menabung rutin. Apakah setiap minggu, setiap bulan, kita beli aja produk (investasi) yang sama dengan besaran sama,” kata William.

“Dengan metode nabung rutin itu, memang terbukti secara historis itu akan lebih bagus,” lanjutnya.