Ketahui! 3 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Lambung

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puasa Ramadan tidak saja menutrisi kesehatan mental, tetapi juga berdampak positif bagi kesehatan fisik seseorang.

Sebagian besar orang mengira berpuasa hanya akan memperparah maag atau menaikkan asam lambung. Faktanya ada banyak manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan lambung. Mengutip laman Kementerian Kesehatan, berikut manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan lambung.

1. Menurunkan risiko naiknya asam lambung

Kadar asam lambung yang naik akan melukai beberapa organ tubuh. Dengan berpuasa dapat meringankan sekresi asam lambung, sehingga munculnya luka pada dinding lambung pun bakal berkurang. 

Dengan kata lain, penderita asam lambung akan mendapatkan benefit kesehatan maksimal bila berpuasa sesuai anjuran.

2. Mengurangi gerakan pada lambung dan usus

Orang yang berpuasa selama Ramadan hanya makan pada saat sahur dan berbuka. 

Berkurangnya waktu makan ikut menurunkan pergerakan dalam lambung dan usus. Hal tersebut secara tak langsung memangkas kemungkinan terjadinya gesekan yang menimbulkan luka. Lambung dan usus pun dapat memulihkan diri sekaligus beristirahat.

3. Meredakan stres dan tekanan menta

Salah satu pemicu naiknya asam lambung yang tidak diketahui banyak orang adalah stres. 

Sedangkan orang yang berpuasa dianjurkan menjaga emosi dan kesehatan menatal. Pkiran hanya terfokus pada lapar dan haus, sehingga stres teralihkan.

Itulah tiga manfaat berpuasa bagi kesehatan lambung. Manfaat ini.bisa didapatkan jika saat berpuasa diimbangi pengaturan pola makan selama Ramadan.