Tips Rutin Konsumsi Makanan Sehat untuk Orang Sibuk

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Bagi sebagian orang khususnya yang sibuk beraktivitas di luar ruangan  akan sulit membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat.  Waktu yang mepet membuat sebagian orang lebih memilih makanan siap saji atau junk food yang jika dikonsumsi dalam waktu lama akan membayakan kesehatan.

Namun ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat menurut para pakar.

1. Pilih 1 makanan sehat

Sebagai langkah awal, jangan muluk-muluk memilih banyak makanan sehat dalam satuw aktu. Cukup satu saja namun sering dikonsumsi.

"Pilihlah hanya satu jenis makanan sehat pada satu waktu sebagai langkah perkenalan pada pola makan Anda. Pastikan pula untuk menambahkan makanan sehat yang Anda sukai," saran Lisa Young, PhD yang merupakan asisten profesor nutrisi di Universitas New York, dikutip dari USA Today mengutip Antara, Selasa (2/5/2023).

2. Makan secara perlahan

Jangan biasakan diri makan dengan cara yang cepat. Makan dengan cara perlahan lebih memungkinkan usus untuk mencerna makanan lebih baik dan memberikan waktu bagi hormon untuk menstrasfer sinyal rasa kenyang ke otak.

“Makan secara perlahan sehingga memberikan waktu bagi hormon dalam memberikan sinyal pada otak ketika kenyang,” jelas  ahli diet , Delnor Audra Wilson.

 3. Ganti daftar belanjaan dengan makanan sehat

Berbelanja bahan makanan dengan daftar tertulis yang sudah direncanakan. Gantilah bahan makanan di daftar belanjaan dengan makanan sehat. Namun disarankan untuk menggantinya secara perlahan jangan sekaligus untuk memudahkan Anda terbiasa mengkonsumsi makanan sehat.

"Saya menyarankan untuk tidak mencoba membuat terlalu banyak perubahan pada saat yang bersamaan," kata Wilson.

"Perubahan kecil seperti itu mungkin tidak menghasilkan efek dramatis dari pola makan.Tetapi jika berkelanjutan dan dari waktu ke waktu, hal ini akan mengarah pada kesehatan jangka panjang," imbuh dia.

4. Jika telah terbiasa, mulailah pilih bahan variatif

 Membiasakan diri untuk makan makanan sehat tidaklah terlalu sulit apabila seseorang membeli dan menyimpan bahan makanan yang lebih bervariasi, misalnya daging sapi bisa diganti dengan daging ayam atau ikan. Jnagan lupa biji-bijian dan lemak.

"Tekankan kualitas, variasi, dan nikmatilah. Jangan membuatnya terlalu rumit," kata Willett.