Rekomendasi 5 Sayuran untuk Diet Sehat

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau diet, tentunya berolahraga saja tidaklah cukup.

Asupan nutrisi dan pola makan sehat juga menjadi salah satu penunjang sukses tidaknya program diet yang sedang dijalankan.

Nutrsi dari sayuran menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat menjalani program diet. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, seperti disiarkan Medical Daily yang diberitakan Antara, Sabtu (17/5), menganjurkan orang dewasa mengonsumsi 1,5 - 2 cangkir buah dan 2 - 3 cangkir sayur setiap hari.

Berikut ini lima sayuran yang direkomendasikan bagi yang sedang berdiet, melansir Antara. 

1. Bit

Bita adalah sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah. Sebenarnya bit bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang masih satu keluarga dengan singkong, lobak dan ubi. 

Sayuran tersebut juga mengandung zat besi lebih banyak daripada bayam, yang dapat mencegah serta mengobati anemia. 

Mengonsumsi bit dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat tulang, dan memperbaiki kesehatan mental.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran rendah kalori sehingga sangat bagus bagi yang sedamg diet.

Bayam memiliki beragam khasiat, diantaranya meningkatkan kekebalan dan hidrasi tubuh serta mengurangi risiko anemia. 

Konsumsi bayam dianjurkan selama kehamilan karena mengandung asam folat, nutrisi yang dapat mencegah risiko kecacatan pada bayi ,dan vitamin B6 yang membantu perkembangan otak janin.

Kandungan antioksidan dalam bayam memiliki manfaat mencegah beberapa penyakit seperti diabetes, kanker, dan parkinson.

3. Kol

Kol mengandung fitosterol (sterol tumbuhan) dan serat tidak larut sehingga dapat membantu proses pencernaan dan pengaturan pergerakan makanan pada usus.

Kandungan vitamin C dalam kol juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.  

Sayuran berwarna putih ini juga baik untuk jantung karena bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan mengandung antosianin yang membantu menjaga kesehatan jantung

4. Microgreen

Microgreen adalah sayur muda yang dipanen pada usia 7-14 hari setelah disemai. Microgreen cocok dikonsumsi sebagai pelengkap ketika menyantap salad, sandwich, dan sup.

Sayuran ini bermanfaat mengatasi susah buang air besar dan meningkatkan kesehatan usus. Sayuran tersebut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah dan membantu dalam mengatasi kanker.

5.  Kale

Kale adalah sayuran dari keluarga kubis. Sayuran ini kaya kandungan nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K dan beta-karoten. 

Kale memiliki khasiat membantu cegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, dan bermanfaat dalam mengatur berat badan.

Selain itu, kale juga efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.