4 Cara Asyik Menjalin Silaturahmi di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi cara bersilaturahmi di masa pandemi covid-19 - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hari raya Idul Adha tinggal menghitung jam. Selain berqurban, ummat muslim yang merayakan Idul Adha biasanya akan saling mengunjungi untuk mempererat silaturahmi. 

Sayangnya, pandemi Corona mendorong masyarakat harus tetap berada di rumah saja untuk mencegah penyebaran Coiovid-19 di Indonesia. Karena itu, menjalin silaturahmi seperti biasa kini tidak dapat dilakukan lagi. 

Meski begitu, Anda tetap bisa menjalin silaturahmi saat Lebaran tahun ini. Ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjalin silaturahmi kepada keluarga dan sahabat.

Berikut empat cara asyik untuk silaturrahmi dengan anggota keluarga dan sahabat saat menerapkan physical distancing. 

1. Grup chat

Cara yang paling mudah untuk menjalin silaturahmi di tengah pandemi Corona ini adalah lewat grup chat. Biasanya, keluarga besar memiliki grup chat keluarga yang bisa menjadi wadah untuk saling mengirimkan pesan dan saling berkomunikasi. 

Lewat grup chat, Anda juga bisa mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha. Selain itu, Anda juga bisa berbagi foto dan video kemeriahan lebaran di rumah masing-masing kepada anggota keluarga besar. 

2. Video call

Ada begitu banyak aplikasi video call atau panggilan video yang bisa menampung lebih banyak orang, bahkan hingga 100 orang dalam satu panggilan. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkumpul bersama keluarga besar secara virtual saat lebaran. 

Cara ini juga sangat efektif untuk merayakan lebaran secara online dengan keluarga dan sahabat. 

3. Kirim parsel dan kartu ucapan

Selain dua cara tadi, Anda juga bisa berbagi kebahagiaan saat lebaran dengan mengirimkan parsel, hadiah, atau bingkisan lengkap dengan kartu ucapan lebaran untuk keluarga tercinta di kampung halaman. Isi parselnya pun bisa Anda sesuaikan dengan kamampuan dan kebutuhan.

Bisa berupa kue kering, sembako, makanan ringan, peralatan makan, dan lainnya. Kirimlah parsel dan bingkisan itu lewat jasa kurir. Bila perlu, Anda bisa menyelipkan foto atau videomu dalam sebuah flashdisk, yang bisa diputar di laptop atau televisi. Hal ini tentu bisa mengobati rasa rindu keluarga terhadapmu.

4. Manfaatkan media sosial

Teknologi bisa mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. Anda dan keluarga yang terpisah jarak tetap bisa berkomunikasi meskipun hanya lewat Instagram, Facebook,Twitter atau media sosial lainnya. Saling berkirim komentar, emoticon lucu, foto, dan video untuk saling bermaaf-maafan juga bisa jadi cara asik bersilaturahmi dengan keluarga saat Lebaran. 

Jadi, walaupun tidak dapat berkumpul bersama keluarga, janganlah bersedih atau putus asa. Dengan mematuhi aturan pemerintah, Anda bisa melindungi keluarga dan orang tersayang di kampung halaman.