4 Buah Kaya Air, Cocok Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Buka puasa menjadi momen yang paling dinanti-nantikan umat muslim saat Ramadan. Saat berbuka disarankan untuk mengonsumsi takjil yang manis dan juga buah.

Selain menyegarkan, buah juga kaya vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh setelah berpuasa sepanjang hari.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan, kita bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setelah berpuasa, serta memberikan energi dan hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun tidak semua buah baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah yang disarankan ada yang berbair dan manis. Menyadur dari Foods Trend, berikut ini 4 buah yang kaya air baik dikonsumsi saat bebruka puasa.

1.  Semangka

Semangka kaya akan air dan memiliki rasa manis sehingga sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa , Kandungan air pada buah semangka sekitar 92 persen. Semangka juga kaya akan antioksidan seperti likopen.

2. Timun

Selain semangka, timun juga merupakan buah yang kaya air. Kandungan airnya mencapai 95 persen. Timun juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin K, potasium, dan magnesium. Baiknya timur dikonsumsi sebagai hidangan pendamping yang dipasangkan dengan menu lainnya.

3. Melon

Kandungan air pada Melon sekitar 90% air dan merupakan sumber yang baik dari vitamin A, vitamin C, dan potasium. Melon juga kaya akan serat sehingga baik untuk menjaga pencernaan selama berpuasa.

4. Nanas

Nanas juga bisa menjadi pilihan buah untuk berbuka puasa. Selain kaya akan air, nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan dapat membantu pencernaan

Memilih buah yang tepat untuk berbuka puasa sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat selama bulan Ramadan, sehingga ibadah puasa pun berjalan lancar.