5 Tips Memilih Menu Sahur Agar Tahan Berpuasa

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Jangan asal memilih menu sahur. Pasalnya sahur adalah “modal energi” kita untuk menjalankan ibadah puasa seharian. Karenanya penting untuk memilih jenis makanan yang tepat agar ibadah puasa bisa menjadi lebih ringan.

Berikut ini tips memilih menu sahur yang sehat yang dianjurkan Kementerian Kesehatan dikutip dalam resminya, Senin (25/3/2024).

1.      Pilih Menu Karbohidrat Kompleks

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sereal.

Karbohidrat lengkap menjadi menu penting saat sahur karena menjadi salah satu sumber energi saat berpuasa.

2.      Cukupi asupan protein

Jika karbohidrat berperan sebagai sumber energi, maka protein menjadi cadangan energi. Sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan protein saat makan sahur.

Protein ini bisa didaparkan dengan mengonsumsi daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan hingga kacang-kacangan.

3.      Banyak Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayuran kaya akan serat yang bersifat mengenyangkan. Sehingga meski pun meskipu memakan sedikit namun perut tetap terasa kenyang. Selain itu buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

4.      Minum Air Putih

Agar tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa maka cukupi kebutuhan cairan tubuh dnegan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan tubuh manusia berbeda- beda, namun umumnya setiap orang harus memenuhi 8 gelas air per hari.

5.      Hindari makanan bersantan dan pedas.

Hidnari mengonsumsi makanan bersantan atau pun pedas karena sangat sulit untuk dicerna dalam tubuh. Mengonsumsi makanan bersantan maupun pedas akan membuat asam lambung menjadi naik, sehingga memicu berbagai macam gangguan pencernaan.