4 Tips Berbelanja Bahan Makanan Sehat

Ilustrasi - foto by freepik

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan kebutuhan nutrsi selalu terjaga. Karenanya penting untuk menyiapkan makan sehat sehari – hari.

Namun kadang beberapa orang bingung memilih dan membeli bahan makanan sehat. Sehingga saat tiba di swalayan, bahan – bahan makan yang dibeli tidak sehat.

Berikut tips untuk berbelanja bahan makanan yang sehat dilansir dari laman Healthline yang diebritakan Antara, Senin (5/6/2023).

1. Buat perencanaan

Sebelum pergi membeli bahan makanan, sebaiknya membuat daftar perencanaan belanja. Daftar belanjaan dapat membantu seseorang tetap pada tugas dan mengingatkan tentang barang yang dibutuhkan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa daftar belanjaan dapat membantu membuat pilihan yang lebih sehat saat berbelanja.

2. Belilah bahan makanan yang bertahan lama

 Jika tak memiliki banyak waktu untuk sering berbelanja bahan makanan, sebaiknya belilah bahan makanan yang awet atau tidak mudah busuk.

Buah – buahan yang dipilihpun yang bisa bertahan lama. Isi juga kulkas dengan kacang-kacangan, buah-buahan kering, atau protein seperti ayam.

Jika membeli makanan yang dikemas, jangan lupa baca label nutrisi dan daftar bahan yang terkandung di dalamnya.

3. Tips membaca label kemasan

Bahan makanan yang dikemas belum tentu tidak sehat. Makanan olahan biasanya memiliki daftar bahan yang panjang, hal yang sama berlaku untuk makanan kemasan tertentu yang bergizi.

Oleh karena itu, penting untuk melihat label bahan sebelum memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

4. Jangan berbelanja ketika sedang lapar

Sebelum pergi berbelanja bahan makanan, sebaiknya pastikan perut sudah terisi. Sebab, kondisi lapar dapat membuat Anda membeli bahan makan yang tidka dibutuhkan. Sebaliknya jika kenyang, Anda akan lebih fokus terhadap daftar belanjaan.