5 Tips Hindari Penipuan Tiket Konser Coldplay

Ilustrasi - foto by CNN

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Indonesia menjadi salah satu negara pilihan beberapa musisi kenamaan dunia menggelar konser. Selain idol dan boy band dari Korea Selatan, band papan atas asal London, Coldplay dikabarkan akan menggelar konser di Jakarta pada November mendatang.

Namun para pecinta musik harus lebih waspada ketika melakukan transkasi daring untuk membeli tiket konser. Pasalnya banyak oknum yang memanfaatkan momen tersebut.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RIdalam kurun waktu 2021– 2022 kasus penipuan daring meningkat 15 ribu kasus. Tahun 2021 tercatat 115 ribu kasus penipuan daring di Indoensia, sementara tahun 2022 meningkat menjadi 130 ribu kasus.

Agar terhindari dari penipuan, berikut ini 5 tips yang bisa Anda lakukan saat membeli tiket konser secara daring  yang dilansir dari Antara, Senin (22/5/2023).

1. Cek Lama Akun

Penting untuk mengecek lama akun media sosial tempat Anda memesan tiket konser. Apabila baru sebaiknya batalkan pemesanan.

2. Bukti Konfirmasi Pemesanan

Jangan lupa untuk memeinta bukti konfirmasi pemesanan resmi sebelum Anda mentransferkan uang pembelian tiket.

3. Teliti Sebelum Membeli

Jangan mudah percaya terhadap bukti tangkapan layar pembayaran tiket. Perhatikan baik – baik karena bukti tangkapan layar bisa direkayasa.

4. Jaga Informasi Pribadi

Jangan mudah membagikan informasi pribadi karena dapat membuka jalan lebih luas kepada oknum tak bertanggung jawab untuk menipu Anda. Sebaiknya periksa pula rekening orang yang baru dikenal di cekrekening.id sebelum bertransaksi.

5. Jangan Terburu-buru

Hindari penjual yang memburu-buru dan terkesan mendesak. Anda patut curiga jika ada penjual tiket yang telalu memburu sehingga transaksi dilakukan dengan cepat.