5 Tips Jitu Agar Tidak Telat Sahur

Ilustrasi - foto by pexels

CELEBESMEDIA.ID, MakassarSahur merupakan hal yang penting dilakukan saat bulan Ramadan. Sebab selain sunnah yang disyariatkan dalam ajaran Islam. Orang yang akan berpuasa dianjurkan tidak melewatkan sahur sebab asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk berpuasa seharian.

Namun seringkali, di awal Ramadan beberapa orang telat makan sahur, terlebih di awal Ramadan karena belum terbiasa bangun di jam sahur. Berikut ini 5 tips agar tidak telat bangun sahur.

1. Niat bangun sahur

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memantapkan niat untuk tidak telat bangun sahur. Sebaiknya perkuat niat dengan doa kepada Allah Subhanahu wata’ala. Selain itu baiknya tidurlah dalam keadaan suci setelah berwudhu sehingga terhindar dari jin atau setan saat tertidur sehingga Anda bisa lebih mudah untuk bangun di waktu sahur.

2. Tidur lebih awal

Tips selanjutnya mengatur jadwal tidur agar Anda tidak telat bangun sahur. Biasakan diri untuk tidur lebih awal, agar bisa terbangun lebih cepat di waktu sahur.

Mengutip laman kesehatan halodoc,  Anda bisa mencobanya secara bertahap, dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Misalnya, cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Bila sudah terbiasa tidur 15 menit lebih awal, kurangi lagi 15 menit, dan begitu seterusnya.

Hindari mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur agar Anda bisa bangun lebih awal.

3. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka

Tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak sata berbuka puasa sebab hal ini hanya akan membuat Anda merasa lebih lelah sehingga telat untuk bangun sahur.

Mengutip laman sehatq.com, berikut porsi makan yang ideal saat bebruka puasa.

  • Sayur menutupi setengah piring
  • Karbohidrat menutupi seperempat piring
  • Protein menutupi seperempat piring

4. Gunakan alarm

Jika Anda tipe orang yang susah bangun jika tidak mendengar suara keras, ada baiknya menyiapkan alarm. Aturlah alarm sebelum tidur 30 menit lebih awal dari waktu sahur. Selain itu atur volume alarm lebih kencang dari biasanya.

Tips jitu lainnya simpan alarm di tempat yang jauh dari jangkauan Anda saat tidur, sehingga saat alarm berbunyi Anda harus bangun dan beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya.

5. Minum air putih

Tidur sepanjang malam akan membuat tubuh dehidrasi ringan, sehingga dianjurkan saat bangun untuk meminum air putih. Tujuannya adalah untuk merehidrasi tubuh, sehingga pikiran dapat menjadi segar sehingga Anda tidak tertidur kembali.