4 Anjuran Berbuka Puasa dari Kementerian Kesehatan

Ilustrasi buka puasa bersama - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menjaga pola makan dan mengetahui makanan cocok untuk berbuka menjadi hal yang penting selama Ramadan ini, agar tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Kementerian Kesehatan berbagi 4 anjuran berbuka puasa selama Ramadan. 

1. Berbuka dengan Air Hangat dan Buah

Mengutip laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemeberdayaan Masyarakat, menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eni Gustina buah-buahan manis baik untuk dijadikan menu utama saat berbuka puasa.

Selain itu disarankan juga mengonsumsi air hangat.

“Diawali dengan air putih hangat, lalu kita dari kesehatan menyarankan buah-buahan segar yang manis (tidak asam). Secara agama juga kan dianjurkan kurma ya. Kurma itu mengandung karbohidrat dan energi”, ujarnya.

2. Atur Porsi Makan

Disrankan jangan berbuka dengan porsi makan yang banyak agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian setelah seharian diistirahatkan (tidak ada makanan).

“Lambung kita kan selama belasan jam kosong nih, jadi kalau diisi jangan langsung banyak. Setelah buka puasa, kita shalat, terawih. Nah, habis terawih itu dilanjutkan makan dengan porsi piring makanku, banyak sayuran seperti biasa”, jelasnya.

3. Makan Setelah Tarawih

Tidak ada larangan untuk makan malam setelah salat tarawih. Hal tersebut juga tidak akan membuat gemuk dengan ketentuan mengatur porsi makanan dengan memperbanyak sayur. 

“Makan malam setelah shalat terawih sangat boleh, kita seharian sudah puasa. Kadang remaja putri yang sering berpikir begitu, habis shalat terawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu salah, kita akan kurang energi. Porsinya yang mesti kita ubah, harus kita perhatikan sayurnya harus lebih banyak”, pungkasnya.

4. Setelah Makan Jangan Langsung Tidur

Ia juga menyarankan setelah makan malam jangan langsung tidur. Jeda waktu tersebut dapat kita isi dengan kegiatan atau ibadah lainnya. Tetapi jangan juga tidur terlalu malam, agar cukup istirahat dan tetap tepat waktu bangun untuk sahur kembali saat dini hari.