Tips Persiapan Terbaik Jelang PPDB

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi momen yang medebarkan bagi calon siswa. Beberapa wilayah di Indonesia pun sudah memulai PPDB 2023. Khusus di Sulsel PPDB diawali di tingkat SMA/SMK yang dijadwalkan dibuka Senin 19 Juni 2023.

Sebelum memulai tahapan PPDB, para calon siswa sebaikan melakukan persaipan terbaik, agar terpilih di sekolah pilihan masing – masing dan juga tidak mengalami kendala selama mendaftarkan diri.

Berikut ini 5 tips persiapan yang dapat dilakukan jelang PPDB, yakni :

1. Persiapkan mental

Penting untuk mempersiapkan diri secara mental dan emosional. Selain itu sellaulah berpikiran positif dan jangan down sebelum memulai.

2. Mengetahui mekanisme PPDB

Selain persiapan mental, penting untuk mengetahui mekanisme PPDB. Mulailah dengan mempelajari informasi tentang persyaratan pendaftaran, dokumen yang diperlukan, dan batas waktu pengumpulan.

Biasanya ada 5 proses PPDB, yakni pengumuman pendaftaran, pendaftaran, seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran, pengumuman penetapan peserta didik baru dan daftar ulang.

3. Menyiapkan dokumen dengan teliti

Setelah mengetahui jadwalnya, lanjut untuk mempersiapkan dokumen. Telitilah saat menyiapkan berkas, jangan ada yang tercecer atau pun luput.

Dokumen umum yang biasanya dibutuhkan meliputi akta kelahiran, kartu keluarga, foto calon siswa, rapor semester terakhir, dan surat keterangan dari sekolah sebelumnya. Pastikan pula memiliki salinan yang valid dan sesuai dengan persyaratan sekolah.

4. Buatlah jadwal

Susunlah jadwal dan tenggat waktu pendaftaran agar Anda tidak ketinggalan.Jangan sampai terlewat beberapa tahapan dan Anda lupa untuk mengecek ulang jadwalnya.

5. Membuat rencana cadangan

Meskipun Anda memiliki sekolah impian, ada baiknya membuat rencana cadangan. Identifikasi beberapa sekolah alternatif. Jangan terpaku hanya pada 1 sekolah saja.