4 Tips Mengatasi Insecure dalam Pergaulan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Pernahkah Anda merasa tidak aman atau tidak percaya diri secara tiba-tiba dalam pergaulan? Bisa jadi itu merupakan tanda insecure.

Insecure adalam sebuah kondisi mental yang menyebabkan seseorang merasa “tidak aman”, dan hal ini bisa berlaku pada banyak hal. 

Mengutip dari Psych Central, psikoanalis Jerman bernama Erich Fromm mengungkapkan, manusia harus mampu menoleransi rasa tidak aman tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kepercayaan diri dan menoleransi rasa insecure yang dimiliki ini. 

1. Temukan Kelebihan Diri

Psikolog Titin Florentina Purwasetiawatik kepada CELEBESMEDIA menjelaskan fokus pada kelebihanmu menjadi salah satu cara untuk mengatasi insecure. 

Ingatkan diri Anda tentang siapa Anda, apa yang penting bagi dirimu, dan kelebihan diri sendiri. 

Hal tersebut akan membuat Anda lebih banyak bersyukur. 

2. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Selian fokus pada kelebihan yang dimiliki, psikolog yang akrab disapa Titin ini juga mengungkapkan tips lain mengatasi insecure yakni jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda merasa terpuruk. Anda menjadi mudah iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

Misalnya di media sosial, seseorang hanya menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Padahal, Anda  tidak tahu ada hal yang terjadi di belakangnya. Jadi Anda tak perlu membandingkan diri dengan yang Anda liat di media sosial.

3. Jangan Semangati Diri dengan Ucapan Kosong

Mengutip laman kesehatan halodoc, menyemangati dengan dengan ucapan kosong hanya akan membuat Anda semakin terpuruk. 

Misalnya "aku pasti jadi yang terbaik hebat!" "Aku pasti bisa melakukannya!" adalah frasa umum yang digumamkan pada diri sendiri, yang akhirnya malah membuat semakin terpuruk. Mengapa? Ini adalah kebohongan yang terpaksa kamu yakini.

Sebaiknya, ketika kamu kurang yakin terhadap suatu hal, setidaknya 75 persen, maka terima kenyataan bahwa itu tidak akan berhasil. Faktanya, memang tidak semua hal bisa kamu dapatkan. Dibandingkan menghibur diri dengan kata-kata kosong, yang akhirnya berujung kekecewaan dan membuat kamu kehilangan motivasi serta mudah menyerah.

4. Fokuslah untuk Menjadi Diri Sendiri

Mungkin terlihat klise, tetapi pada banyak kasus sadar atau tidak, sebagian orang akan berusaha memenuhi standar orang lain, bukan standar terbaik dari dirimu.

Misalnya, ketika kamu merasa insecure saat bergaul dengan teman-teman, kamu mungkin tergoda untuk meniru perilaku mereka yang tampak percaya diri. Hal ini hanya akan menambah Anda merasa Insecure.