3 Saran Dokter Agar Diet Sehat dan Aman

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESEMEDIA.ID, Makassar - Postur tubuh yabg proposioal menjadi impian para kaum hawa. Karena banyak perempuab melalukan program diet.

Namun, hati-hati saat diet, sebab jika salah melakukan diet, alih-alih mendapatkan bentuk tubuh ideal, justru kesehatan yang bisa terganggu. Bahkan beberapa kasus diet yang salah dapat mengancam nyawa. 

Belum lama ini influencer vegetarian asal Rusia, Zhanna Samsonova meninggal dunia di Malaysia saat menjalani tur Asia diduga akibat kelaparan. 

Melansir Antaranews, Selasa (15/8/2023), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar program diet yang dijalani aman dan membuahkan hasil.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Dokter estetika, dr. Siti Medissa N.H, M.Biomed (AAM), FEcare mengatakan hal pokok yang harus dipahami bahwa diet bukan berarti tidak makan secara berimbang.

"Ini penting! Jadi tubuh kita tidak bisa hanya diberi salah satu nutrisi saja dan mengabaikan nutrisi lainnya," kata Diissa.

"Itu kesalahan mendasarnya yang harus diakui di masyarakat kita juga masih banyak yang seperti itu cara pandangnya. Dipikir hanya mengonsumsi buah, tulang bisa kuat, kulit glowing dan lain sebagainya. Padahal tidak, karena sejatinya tubuh kita bahkan juga membutuhkan karbohidrat dan lemak," lanjut Dissa.

2. Seimbangkan defisit kalori dan aktivitas fisik

Kepala Ahli Gizi Paras Health Neha Pathania kepada The Indian Express mengatakan penurunan berat badan yang berkelanjutan berfokus pada defisit kalori dengan menyeimbangkan kebiasaan makan yang sehat dan aktivitas fisik

“Tujuannya adalah menurunkan berat badan secara bertahap dan aman; biasanya, satu sampai dua pon per minggu. Ini juga termasuk membuat perubahan gaya hidup permanen, seperti makan makanan yang sehat, tetap aktif, dan mengelola stres," katanya.

3. Terapkan prinsip mindful eating

Menurut ahli gizi Putri MJ, S.Gz , makan berlebihan atau overeating dapat meningkatkan risiko obesitas dan berbagai penyakit kronis seperti diabetes hingga penyakit jantung. Penerapan prinsip mindful eating pun disarankan untuk mencegahnya.

Mindful eating didasarkan atas kesadaran penuh seseorang saat makan. Misalnya, hindari multitugas atau mengobrol saat makan supaya sadar dengan porsi yang dikonsumsi

"Kita juga harus menikmati rasa, aroma dan tekstur makanan. Jangan lupa untuk memperhatikan isyarat dari tubuh, contohnya tidak mengabaikan respon tubuh ketika sudah kekenyangan,” kata Putri.