Waspada Makanan Kemasan Terkontaminasi, Cek Label hingga Izin Edarnya

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMESIA.ID, Makassar - Rasa yang lezat dan penyajian yang praktis membuat makanan maupun minuman dalam kemasan menjadi pilihan banyak orang.

Namun ternyata Amda herus lebih berhati - hati saat memilih makanan kemasan, sebab jika tidak teliti akan berdampak pada kesehatan 

Mengutip  Harvard School of Public Health,  makanan kemasan masuk dalam golongan ultra-processed food atau highly processed food atau golongan makanan ini telah melewati serangkaian proses dengan penambahan garam, gula, dan lemak, serta zat aditif atau bahan tambahan pangan.

Karenanya jika tidak berhati- hati bisa saja makanan yang kita makan malah akan menganggu kesehatan.

Deputi III Badan Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Rita Endang mengatakan ciri-ciri makanan kemasan yang telah terkontaminasi diantaranya berubah warna dan mengeluarkan bau tak sedap.

"Makanan yang terkontaminasi akan basi dan berbau serta.kemasannya akan rusak. Cek dulu sebelum dibeli," jelasnya mengutip Antara, Jumat (28/7/2023).

Rita menjelaskan  makanan kemasan yang terkontaminasi tentu akan berdampak pada kesehatan yang mengkonsusmsinya bisa keracunan makanan, infeksi saluran pencernaan, mual, muntah dan sembelit.

Tips Memilih Makanan Kemasan

Agar tidak salah pilih makanan kemasan, anda perlu memahi 4 hal saat akan membelinya.

1. Cek Label

Bacalah informasi produk pada label yang tertera pada kemasan

2. Kemasan Utuh

Pastikan kemasan tidak rusak, mengelupas dan tulisannya tidak luntur.

3. Periksa Izin Edar

Pastikan makanan atau minuman kemasan tersebut memiliko izin edar yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4. Cek Tanggal Kedaluwarsa

Pastikan makanan dan minuman belum melewari tanggal kedaluwarsa.