3 Kiat Sederhana Atasi Stres Agar Tidak Depresi

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Stres bisa merusak kondisi emosional seseorang. Bahkan dampak panjangnya akan menganggu kesehatan mental. 

Mengutip lama resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa (14/11/2023), stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Sementara dalam laman Popsugar, Senin (13/11), seorang dokter dari Harvard Aditi Nerukar menyebut ketika mengalami stres, otak mengirimkan sinyal stres ke tubuh yang disebut respons melawan-atau-lari. Respons biologis inilah yang digambarkan sebagai "perasaan stres".

Penting bagi tiap orang untuk dapat mengatasi stres demi menjaga kesehatan mentalnya.

Berikut ini 3 kiat sederhana atasi stres merangkum Antara, Selasa (14/11).

1. Olah penapasan

Pertama respons stres dengan mengaktifkan pernapasan yang cepat dan dangkal.

Lakukan pernapasan dengan diafragma karena nafas adalah pintu gerbang untuk mengurangi stres. 

Cara melatih pernapasan diafragma adalah, pertama, letakkan satu atau kedua tangan di perut, lalu tarik napas perlahan melalui hidung, biarkan perut terangkat. Buang napas perlahan melalui hidung atau mulut, biarkan perut mengempis.

Ulangi siklus pernapasan diafragma ini selama tiga siklus napas. Setelah itu beristirahatlah, bernapaslah dengan normal, lalu ulangi untuk beberapa siklus lagi.

Jika dilakukan beberapa kali sepanjang hari, metode itu juga dapat memperlambat stres yang tak terkendali.

2. Hentikan sementara aktivitas

Luangkan waktu sejenak dan hentikan tugas yang akan dilakukan. Ambil napas dalam-dalam dan tenangkan diri. Lalu fokuslah pada saat ini.

3. Rutinkan olahraga ringan

Sempatkan diri.untuk rutin melakukan olahraga ringan meski itu untuk berjalan-jalan sebentar di luar ruangan jika memungkinkan.

Pertahankan kecepatan tetap dan fokus pada kaki saat mengartikulasikannya di tanah. Perhatikan juga pernapasan dan postur tubuh saat berjalan.

Mulai gerakan itu selama lima menit sehari yang dapat membuat perbedaan dan membantu menghilangkan stres. Lalu terapkan bertahap hingga 20 menit setiap hari.