Biografi Abu Bakar, Kekasih Rasulullah Sekaligus Khalifah Pertama

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, MakassarAbu Bakar Ash Shiddiq, salah satu dari 10 sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga. Abu Bakar radhiyallahu anhu bapak dari Aisyah yang berarti mertua Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Dalam buku Akidah Akhlak oleh Drs. H. Masan AF, M.Pd. (2015: 167-171), dijelaskan kelahiran Abu Bakar di tahun 573 M dari sebuah keluarga terhormat di Mekah. Ayahnya bernama Usman yang lebih dikenal dengan nama Abu Quhafah, ibunya bernama Salmah.

Julukan As Shiddiq dan Kekasih Rasulullah

Menurut Syekh Muhammad Sa’id Nursi dalam bukunya Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah (2020, Pustaka Kautsar) mengisahkan Abu Bakar, bahwa Rasulullah menamainya Abdullah. Ia memiliki beberapa gelar di antaranya Ash-Shidiq (yang membenarkan) dan Al-Atiq (yang dibebaskan).

Julukan dari As Siddiq dari Abu Bakar diperolehnya karena ia senantiasa membenarkan segala ucapan, perbuatan, dan risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

Dikisahkan mengenai munculnya julukan ini awalnya ia dapatkan ketika terdengar kabar bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan Isra Mikraj, lalu diangkat ke langit ketujuh untuk bertemu Allah Subhanahu Wata’. Peristiwa itu, tidak dipercaya kafir Quraisy. Namun Abu Bakar membenarkan hal tersebut.

Dalam Al Qur’an kisah ini tertmaktub dalam Qs Az Zumar ayat 33.

“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan yang membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa” (QS. Az Zumar: 33).
Selain itu Abu Bakar juga disebut sebagai kekasih Rasulullah. Abu Bakar adalah teman setia Rasulullah, termasuk menemani hijrah dan menemani Rasulullah ketika berada di Gua Tsur. Abu Bakar-lah yang dimaksud dalam firman Allah QS At-Taubah: 40.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah kemudian menyebut Abu Bakar sbeagai kekasihnya.

“Sekiranya aku ingin mengambil seorang kekasih, aku akan mengambil Abu Bakar sebagai kekasihku. Akan tetapi ia saudara dan sahabatku. Dan Allah sudah mengambil sahabat kalian sebagai kekasih.” (HR Bukhari).

Mengutip laman muslim.or.id dijelaskan jika sosok abu bakar berkulit putih, bertubuh kurus, berambut lebat, tampak kurus wajahnya, dahinya muncul, dan ia sering memakai hinaa dan katm.

Khalifah Pertama

Abu Bakar Ash Shiddiq masuk dalam golongan Assabiqunal awwalun atau orang – orang yang pertama masuk Islam. Sejak memeluk Islam beliau setia mendampingi Rasulullah SAW dalam berjuang menyebarkan agama Islam dan berdakwah.

Kemudian setelah wafatnya Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash Shiddiq diangkat menjadi khalifah pertama pada tahun 632 M. Kepemimpinan mereka terhitung singkat hanya selama 2 tahun.

Ia berhasil membawa Islam dalam kemajuan pada bidang sosial, budaya dan hukum.