Unik, Ini 4 Opsi Pengganti Kantong Plastik Saat Belanja

Ilustrasi - foto by (freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sampah kantong plastik menjadi salah satu permasalahan utama di Indonesia. Tercatat dalam data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) jumlah sampah di tahun 2023 mencapai 18 juta ton lebih per tahun.

Meski pemerintah sudah berupaya mengelola sampah dengan baik, nyatanya dari belasan juta ton sampah tersbeut, masih ada 5.8 juta ton sampah yang tidak terkelola. Salah satu jenis sampah yang paling sulit terurai adalah sampah Plastik yang mencapai 400 tahun.

Salah stau cara untuk mengurangi tumpukan sampah pelastik yang sulit untuk terurai tersebut dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai saat berbelanja. Karena itu hampir di tiap daerah megeluarkan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Di Makassar larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai saat berbelanja tertuang dalam Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 21 Tahun 2023 yang mulai efektif berlaku sejak 1 Desember 2023 lalu.

Hadirnya larangan ini pun, membuat masyarakat dituntut lebih kreatif berbelanja ramah lingkungan tanpa kantong plastik. Berikut beberapa opsi pengganti kantong plastik saat berbelanja.

1.      Tas Belanja dari Karung Goni

Cara kreatif mengganti kantong plastik saat belanja dengan membuat Tas belanja dari karung goni yang biasanya digunakan untuk lomba balap karung. Selain untuk kegiatan lomba, pada umumnya karung goni digunakan untuk tas pengangkut kentang, ketela, beras, dan biji-bijian lainnya. Namun, pada perkembangannya, karung goni telah dirombak secara cantik dan solutif sebagai tas belanja masa kini yang ramah lingkungan.

2.      Tas Anyaman

Untuk belanjaan yang basah misalnya ikan atau sayuran dan sejenisnya, Anda bisa menggunakan tas anyaman. Tas anyaman ini bisa berasal dari berbagai jenis bahan, ada yang dari anyaman daun pandan, anyaman bambu, anyaman enceng gondok, anyaman pelepah pisang, dan lainnya Tentunya tas anyaman ini bisa dicuci sehingga tidak meninggalkan bau dan noda.

3.      Paper Bag

Anda bisa menggunakan paper bag. Meski paper bag lebih dikenal sebagai tas belanja untuk pembelian baju atau perlengkapan fashion, namun bis ajuga digunakan saat berbelanja bumbu dapur yang berukuran kecil. Bisa juga digunakan sata berbelanja makanan yang telah memiliki kemasan dos.  

4.      Tote Bag

Selain paper bag, Anda juga bisa menggunakan tote bag. Tas berbahan kanvas ini bisanya justru memiliki motif yang unik, sehingga selain bermanfaat membawa barang belanjaan, Anda juga akan tampil lebih fashionable. Tidak ada salahnya menyiapkan beberapa jenis tote bag di rumah karena bahan tas ini tanahn lama awet sehingga dapat Anda gunakan secara bergantian.