5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sulsel yang Instagramable

Pantai Tanjung Bira Bulukumba - (foto by Pinterest)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Banyak hal menarik di Sulawesi Selatan. Mulai dari kulinernya yang khas hingga destinasi wisatanya yang mengagumkan. 

Provinsi yang beribukota Makassar ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara. Sedangkan dibagian timurnya yakni Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara. Batas di bagian selatan yaitu Selat Makassar di barat dan Laut Flores.

Ketika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga, kerabat, ataupun teman ke Sulsel, ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan instagramable.

1. Malino Kota Bunga

Malino adalah kelurahan di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Daerah yang terletak 64 km dari Kota Makassar ke arah timur laut ini merupakan salah satu objek wisata alam yang mempunyai daya tarik luar biasa, baik bagi masyarakat Sulawesi Selatan maupun pengunjung dari luar provinsi.

Malino merupakan tempat wisata di Sulsel yang memiliki pemandangan alam pengunungan dan dataran tinggi yang sangat sejuk. Suhu di kota Malino mulai dari 10⁰C sampai 26⁰C. 

Saat musim hujan, berhati-hatilah mengemudi sebab kota ini sering berkabut dan jarak pandangnya 100 meter saja. 

Sesuai namanya banyak bunga unik yang dapat tumbuh di tempat ini. Salah satunya bunga terompet yang berwarna putih dan menyerupai terompet uang tergantung di tangkai pohon.


(Malino - foto by Pinterest)

2. Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Tanjung Bira terkenal mempunyai pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. 

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat dibuatnya kapal-kapal Pinisi yang berlayar di seluruh penjuru nusantara.

Tanjung Bira terletak di ujung selatan-timur Sulsel berjarak sekitar 200 km dari Kota Makassar. Transportasi menuju Tanjung Bira yang tersedia pada saat ini adalah melalui jalan provinsi, dengan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan menggunakan mobil dari Makassar.


(Pantai Tanjung Bira - foto by Pinterest)

3. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Barru, Sulsel. Tak sedikit warga lokal maupun dari luar Barru yang memilih Pulau Dutungan untuk jadi tempat berlibur atau berakhir pekan.

Pulau Dutungan merupakan pulau kecil berpasir putih dengan pemandangan alam yang tentunya akan memanjakan mata para pengunjung. Destinasi pulau ini menyuguhkan keindahan pasir putih dengan pesona bawah laut yang sangat indah. 

Banyak pepohonan rindang di tepi pantai yang membuat suasana di pulau ini cukup sejuk.


(Pulau Dutungan - foto by Pinterest)

4. Kete’ Kesu Tana Toraja

Kete Kesu adalah suatu desa wisata di kawasan Tana Toraja yang dikenal karena adat dan kehidupan tradisional masyarakat dapat ditemukan di kawasan ini. 

Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa manusia purba yang biasa disebut kete kesu yang berasal dari salodong dan mempunyai adik kembar nunang tongkonan. 

Selain itu juga terdapat berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih. Di dalam kubur batu yang menyerupai sampan atau perahu tersebut, tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. 

Hampir semua kubur batu diletakkan menggantung di tebing atau gua. Selain itu, di beberapa tempat juga terlihat kuburan megah milik bangsawan yang telah meninggal dunia.


(Kete Kesu - foto by Pinterest)

5. Puncak Lolai Toraja

Puncak Lolai berada di Desa Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Objek wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Rantepao (ibukota Toraja Utara), dengan ketinggian berkisar 1.300 meter dari permukaan air laut. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun, disarankan untuk menyiapkan jaket atau pakaian hangat karena udaranya sangat dingin.    

Berada di ketinggian 1.300 meter dari permukaan air laut, banyak yang mengatakan bahwa Puncak Lolai bak ‘negeri di atas awan’. 

Ketika Anda sampai di tempat ini, suasana sekeliling yang akan Anda temui memang seolah-olah berada di atas awan, dengan kaki Anda tertutup oleh gumpalan-gumpalan kapas tebal berwarna putih yang bergelombang bagaikan ombak di atas udara. Itu adalah hamparan awan putih yang menutupi semua area puncak dari bukit-bukit yang ada di Puncak Lolai ini.


(Puncak Lolai - foto by Pinterest)

Itulah tado 5 rekomendasi destinaso wisata yang dapat Anda kunjungi saat bertandang ke Sulsel.

(Laporan: Fadhilla Rusli UMI)