4 Cara Seru Menyemarakkan HUT RI di Tengah Pandemi

Ilustrasi dekorasi rumah nuansa 17 Agustus - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Usai sudah pelaksanaan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 , perayaan yang kedua kalinya dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Biasanya suasana hari kemerdekaan tiap tahunnya akan disemarakkan sangat meriah oleh masyarakat Indonesia di setiap daerah atau kota.

Namun euforia yang sangat berbeda dirasakan sudah dua tahun belakangan ini karena dampak dari pandemi Covid-19. Guna pemutusan mata rantai penyebaran virus corona, sehingga semarak hari kemerdekaan yang kerap dilakukan di luar rumah dengan banyak orang, kini harus dibatasi.

Namun bukan berarti tidak ada hal yang dapat dilakukan ada perayaan HUT RI ke-76 tahun ini. Berikut hal-hal seru apa yang dapat dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi yang CELEBESMEDIA.ID himpun dari berbagai sumber:

1. Menonton film bertema kemerdekaan

Setelah upacara bendera biasanya masyarakat Indonesia menyaksikan perlombaan semarak kemerdekaan yang diadakan setiap kota/daerah. Namun karena semarak kemerdekaan saat ini harus dilakukan dari rumah, mungkin hal yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah dengan menonton streaming film online bertema kemerdekaan Indonesia.

Menonton film kemerdekaan bisa saja dapat memupuk rasa nasionalisme dan semangat cinta tanah air.

2. Ikut lomba kemerdekaan virtual

Di tengah pandemi saat ini, ada banyak sekali perlombaan kemerdekaan yang digelar secara virtual. Beberapa instansi dan komunitas pun berlomba-lomba mengadakan perlombaan semarak kemerdekaan secara virtual dari berbagai platform misalnya instagram, tiktok, fb, youtube dan platform lainnya dengan jenis lomba menarik.

Bukan hanya mengikuti perlombaan saja, Anda juga bisa membuat perlombaan sendiri dibrumah bersama keluarga. Hal ini mungkin bisa jadi salah satu pilihan seru untuk merayakan kemerdekaan walau hanya dirumah.

3. Dekorasi rumah dengan tema kemerdekaan

Tak hanya mengikuti lomba dari rumah atau menonton film saja, Anda juga bisa mendekorasi rumah atau kamar  dengan pernak-pernik khas kemerdekaan Indonesia, jangan lupa untuk memakai baju bernuansa merah putih. Hal ini bisa menciptakan suasana yang menyenangkan bersama keluarga, sekaligus tetap bisa merasakan euforia kemerdekaan yang seru walau dari rumah.

4. Berburu promo dan kirim pesan kemerdekaan di media sosial

Menikmati hari kemerdekaan bisa dengan memburu promo-promo menarik di platform belanja online. Di hari kemerdekaan ada banyak sekali diskon khusus kemerdekaan mulai dari produk fashion, makanan dan minuman yang bisa Anda kejar untuk dihadiahkan ke keluarga. Selain itu, bisa juga dengan mengirimkan pesan semangat kemerdekaan Indonesia ke teman-teman dan keluarga di media sosial.

Itu tadi 4 hal seru yang bisa dilakukan dari rumah untuk merayakan semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Laporan:Firah UINAM