Minum Kopi Belebihan Ternyata Picu Gangguan Kecemasan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Meneguk secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan sebagian orang.

Kopi juga sering kali dinikmati di sela rehat sehari-hari dengan maksud untuk meningkatkan suasana hati atau pun membuat pikiran lebih rileks.

Namun ternyata memgkonsumsi kopi dalam sehari dapat memicu gangguan kecemasan.

Laman Eatthis yang diberitakan Antara, Senin (18/9/2023)  menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat memperburuk gejala kecemasan. 

Butuh sekitar 5 cangkir kopi untuk menimbulkan perasaan panik atau kecemasan pada seseorang. Kondisi ini pun akan lebih buruk jika yang mengkonsumsi kopi secara berlenihan itu merupakan  orang yang memiliki gangguan panik atau panic attack

Meskipun tidak semua orang mengalami hal ini, bagi mereka yang mengalaminya, hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi. 

Laman tersebut juga menjelaskan jika hubungan antara kopi dan kecemasan bergantung pada gangguan kecemasan yang dimiliki seseorang dan kepekaan terhadap kafein.

Selain penderita panic attack, seseorang yang memiliko riwayat tekanan darah tinggi sebaiknya  membatasi mengkonsumsi kopi.

Para peneliti dari ulasan “Journal of Agricultural and Food Chemistry” mencatat bahwa hasil mereka memiliki arti yang berbeda bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, atau dikenal sebagai hipertensi.

Faktanya, kafein dalam minuman ini dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang tinggi. Selain itu pada FK UI, Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan asam lambung.