Trik Farming Cepat di MLBB Agar Cepat Kaya

Ilustrasi mal MLBB Juli 2021 - (foto by: Instagram @mobilelegendsgame)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jungling atau biasa yang disebut dengan farming adalah cara bermain menghancurkan semua monster di jungle atau hutan untuk mencari gold dan exp (level).

Melawan monster jungle dapat memberi Anda keuntungan seperti tambahan exp dan gold yang lebih banyak dibandingkan tim lawan. Selain  mendapatkan exp dan gold dari creep lane, Anda juga mendapatkan exp dan gold dari monster jungle.

Nah, berikut ini beberapa trik jungling saat bermain game Mobile Legends Bang Bang (MLBB) agar hero yang Anda mainkan cepat kaya. 

  • Hafalkan waktu keluarnya buff dan monster hutan

Tidak hanya untuk para carry, detik kemunculan buff juga harus diketahui oleh support. Di awal, buff biru dan merah muncul di detik 30. Kedua buff punya durasi kurang lebih 2 menit. Nah, agar tidak melewatkan kemunculannya, Anda harus memperhatikan detik ketika kalian berhasil mengamankan buff.

Kedisiplinan dalam nge-buff sangat berpengaruh untuk ekonomi carry. Pasalnya, semakin cepat membereskan monster tersebut, maka keuangan Anda akan bertambah dengan cepat. Anda juga bisa langsung pergi ke lane untuk membersihkan minion sebagai tambahan networth.

  • Amankan turtle setiap kali respawn

Selain buff, hal penting yang kerap kali diabaikan adalah turtle. Pasalnya, dari membunuh Turtle kalian akan mendapatkan sokongan gold dan exp dalam jumlah yang besar. Masalahnya, awal kemunculannya tidak terlalu diperhatikan oleh pemain, kebanyakan justru asyik di lane. Padahal, kalau langsung menuju Turtle ketika muncul, bonus yang didapat sangat berguna biar kalian semakin kaya.

Bagi yang belum tahu, kemunculan turtle pertama adalah di menit ketiga. Nah, tiap tiga menit sekali turtle akan muncul hingga tiga kali. Artinya, di menit ke-9 akan berganti menjadi Lord. Kalau Anda melewatkan semenit sejak kemunculan awal turtle, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan Turtle ketiga karena langsung berganti lord.

  • Jelajahi hutan musuh selagi mereka fokus di lane

Anda perlu memperhatikan mini map untuk mengetahui lokasi musuh. Kalau kelima musuh sedang fokus di lane, Anda bisa mencuri monster hutan mereka diam-diam. Nah, dengan begini musuh pun tidak akan dapat tambahan gold dan exp.

Apalagi kalau sudah waktunya buff muncul dan musuh masih berada di lane, jangan ragu untuk menyerbu hutan lawan, untuk beberapa hero carry, Anda harus ditemani oleh tank atau support. Sebab, sangat berbahaya kalau nantinya Anda yang malah mati dan memberikan eksta gold kepada lawan.

  • Prioritaskan minion di lane daripada monster hutan

Tiga pasukan Minion memiliki efek yang berpengaruh daripada monster hutan. Soalnya, jika Anda berhasil membersihkan ketiganya setara dengan satu level. Terkadang, para carry lebih memilih untuk pergi ke hutan terlebih dahulu daripada membersihkan lane. Strategi ini dianjurkan jika dalam kondisi musuh sudah tertekan. Artinya Anda sudah menghancurkan turret terluar milik musuh.

Jalur minion Anda juga akan semakin panjang dan punya durasi pertemuan yang cukup lama.

  • Gunakan jungle emblem 

Jungle emblem adalah salah satu emblem yang sering dipandang rendah. Tapi sebenarnya, emblem ini bisa berguna untuk hero jungle Anda karena memberikan bonus damage dan attack speed. 

Jika Anda menggunakan veteran hunter talent pada jungle emblem, kemungkinan besar Anda bisa menyelesaikan item jungle level 2 sebelum menerima buff kedua. Selain itu, hero Anda bisa membersihkan jungle secara efektif dengan bonus gold. 

Selamat mencoba gamers!