Geser ‘Titanic’, Film ‘Avengers: Endgame’ Terlaris Kedua Sepanjang Sejarah

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta – Film “Avengers: Endgame” menjadi film terlaris kedua sepanjang sejarah, menggeser posisi film “Titanic (1997). Berdasarkan data Box Office Mojo yang dirilis, Senin (6/5/2019), film ke-22 Marvel Cinematic Universe ini resmi menembus 2 miliar Dolar AS.

Pendapatan “Avengers: Endgame” kini tercatat 2,188 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 31,1 triliun, lebih banyak 1 juta Dolar AS dari film legendaris “Titanic” (1997), yang memperoleh 2,187 miliar Dolar AS.

Tidak hanya itu, “Avengers: Endgame” juga menjadi film yang tercepat mencapai pendapatan sebesar itu. Pendapatan itu dicapai film superhero ini pada akhir pekan kedua penayangannya, 3-5 Mei 2019.


Bahkan, film karya Russo bersaudara itu diperkirakan bisa saja menempati posisi puncak film terlaris sepanjang masa. “Avengers: Endgame” bisa saja menggeser “Avatar” (2009). Avatar memiliki penghasilan 2,78 miliar dolar AS atau unggul 599,3 juta Dolar AS.

Apalagi, animo penonton di seluruh dunia masih tinggi untuk menyaksikan film tersebut. “Avengers: Endgame” pun masih terus menguasai bioskop baik di pasar domestik Amerika Utara atau internasional. Di Makassar, sejumlah bioskop masih dipenuhi penonton.

Dengan capaian melebihi 2 miliar dolar AS, “Avengers: Endgame” menjadi satu dari lima film yang mampu menjual tiket hingga melewati angka tersebut. Empat film lainnya adalah “Avatar”, “Titanic”, “Star Wars: The Force Awakens” dengan 2,06 miliar Dolar AS, dan “Avengers: Infinity War” dengan 2,04 miliar Dolar AS.

Menurut data dari Box Office Mojo, pendapatan “Avengers: Endgame” ini sekitar 71 persen berasal dari pasar internasional dengan perolehan total mencapai 1,569 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp 22,3 triliun.

Penyumbang untung terbesar untuk “Avengers: Endgame”adalah China dengan perolehan sekitar 35 persen atau 575,8 juta Dolar AS dari keseluruhan pendapatan internasional. Sementara di Indonesia,  diperkirakan sudah menjual sebanyak 10 juta tiket.