Pecahkan Rekor, Unibos Kukuhkan 3.000 Mahasiswa Baru

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) kukuhkan 3.000 mahasiswa baru dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2023/2024 di Halaman Kampus Unibos, Kamis (14/9/2023).

Jika merujuk data pada tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2021 Unibos berhasil mengukuhkan sebanyak 1.359 mahasiswa baru, lalu di tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan mengukuhkan sebanyak 1.864 maba.

Kemudian tahun 2023 ini lagi-lagi Unibos mengalami peningkatan yang sangat drastis dengan mengukuhkan sebanyak 3.000 mahasiswa baru. Sehingga angka tersebut merupakan rekor tertinggi Unibos setelah puluhan tahun berdiri. 

Bahkan ditahun 2023 ini tercatat ada sekitar 10.000 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri secara online, namun hanya 3.000 yang berhasil diterima. Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Unibos, Prof Dr Ir Batara Surya.

"Selamat datang 3.000 Mahasiswa Baru dari total 10.000 pendaftar online," jelas Prof Batara Surya dalam sambutannya.

PKKMB Unibos tahun 2023 ini mengusung tema yang cukup unik yaitu "SIRKULAR" yang akan berfokus pada aksi pelestarian lingkungan hidup, dengan menghadirkan Volunteer Sobat Pilah Sampah yang juga merupakan mahasiswa Unibos, juga bekerja sama dengan Mall Sampah, Bank Sampah, dan Rappo Id, untuk mendukung kepedulian terhadap lingkungan selama PKKMB berlangsung.

Ketua Panitia Zulkhair Burhan, mengungkapkan bahwa tema SIRKULAR ini merupakan tema yang sengaja di usung untuk menekankan pentingnya keberlangsungan lingkungan hidup, dan bagaimana menjaga lingkungan hidup.

"Kami bersepakat menamai inisiatif ini dengan nama SIRKULAR yang merupakan sebuah istilah yang diadopsi dari studi ekonomi sirkular yang menekankan pada pentingnya keberlangsungan lingkungan hidup dan bertujuan agar sumberdaya yang dimiliki saat ini dapat dikelola optimal dan turut bermanfaat bagi generasi mendatang,"Jelas Zulkhair Burhan.

Sebagai informasi tambahan, 3.000 mahasiswa tersebut berasal dari 8 Fakultas dan 1 Pascasarjana, dengan rincian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 443, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 220, Fakultas Hukum sebanyak 266.

Fakultas Psikologi sebanyak 340, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra sebanyak 224, Fakultas Kedokteran sebanyak 135, Fakultas Teknik sebanyak 895, Fakultas pertanian 195 dan Pasacasarjana sebanyak 282 mahasiswa baru.

Diakhir, Rektor UNIBOS juga tak lupa memberikan beberapa pesan kepada seluruh mahasiswa baru.

"Pesan saya kepada mahasiswa baru, jika Allah bisa mengubah siang menjadi malam, maka yakinlah Allah juga bisa mengubah waktu menjadi berkah, sebelum berlomba dengan orang lain maka berlombalah dengan dirimu sendiri, teruslah melangkah mesti pelan karena dengan melangkah akan membuat kita semakin dekat dengan prestasi yang diinginkan," pungkas Prof Batara Surya.

Laporan : Riski