Aksi Vandalisme Mengurangi Estetika Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Coret-coretan tanpa makna nampak memenuhi dinding lorong Bastion Bone di kawasan Benteng Rotterdam Makassar. Tentu tulisan tanpa makna itu mengurangi nilai keindahan cagar budaya peninggalan Kolonial Belanda ini.

 

Sejumlah pengunjung Benteng Rotterdam pun menyayangkan aksi vandalisme dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Pengunjung berharap, petugas lebih pro aktif mengawasi setiap pengunjung sehingga warisan sejarah ini tetap terjaga keindahannya.

 

“Petugas harusnya memberlakukan sanksi administrasi berupa surat pernyataan dan denda bagi pengunjung yang kedapatan mencoret dinding, ataupun merusak bangunan Benteng Rotterdam. Ini kita lihat coretan-coretan tanpa makna tidak semakin banyak,” kata seorang pengunjung, Wulan Purnama Sari.


Seperti diketahui, Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam) merupakan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun sejak 1545. Bangunan yang menjadi saksi sejarah kejayaan Suku Makassar di masa lalu ini tentu harus dijaga agar kemegahan bagunannya tetap bisa disaksikan di masa-masa mendatang.