Dies Natalis ke-74, FEB Unhas Bagikan 1000 Paket Sembako

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Dies Natalis ke-74 di Jalan Talamalanrea, Minggu (22/10/2022). 

Kegiatan Dies Natalis tahun ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, diantaranya jalan santai, peresmian dan penamaan beberapa gedung dan ruangan FEB Unhas.

Serta peduli ekonomi dengan membagikan 1000 paket sembako kepada warga kurang mampu di sekitar kampus Unhas. Pembagian sembako itu digelar hingga Desember 2022.

Dies natalis dibuka langsung oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan dihadiri ratusan orang dari sivitas akademika, mahasiswa dan lintas alumni.

Dekan FEB Unhas, Prof Rahman Kadir mengungkapkan sebenarnya dies natalis atau hari ulang tahun FEB Unhas jatuh pada 8 Oktober 2022. Bukan 22 Oktober. 

"Hari ini sebenarnya bukan yang sesungguhnya ulang tahun Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu lahir atau diresmikan tanggal 8 Oktober 1948 lebih tua dari Unhas yang usianya 56 tahun, kita (FEB) sudah 74 tahun," kata Prof Rahman Kadir. 

Kendati demikian, Prof Rahman Kadir mengaku sangat terharu pada perayaan dies natalis FEB Unhas tahun ini, dikarenakan semua angkatan bisa hadir.

"Ada tahun 1976 dan banyak angkatan 1975, 1977,1978 yang hadir," ucapnya. 

Dia juga mengungkapkan yang lebih membuat dirinya terharu dan bahagia adalah peresmian penamaan beberapa gedung baru di FEB Unhas. Khusus pada peresmian dan penamaan gedung senat

Prof Dr Ny Kustiah Kristanto yang merupakan perempuan pertama yang menjadi dekan di Unhas bahkan di Indonesia. 

"Jadi di Unhas belum ada dekan perempuan tapi Fakultas Ekonomi sudah memilih wanita sebagai dekan, semua angkatan 1970, 1980, 1990 pasti mengenang dan mengingat beliau," tuturnya. 

Selain peresmian dan penamaan gedung senat Prof Dr Ny Kustiah Kristanto, ada juga lounge yang diberi nama Prof Karim dan Prof Basri Hasanuddin yang letaknya di Pascasarjana. 

"Kami sengaja pasang namanya Prof Karim Saleh karena beliau dekan yang selalu membangun relasi dan mengembangkan SDM yang lebih banyak," bebernya. 

"Sementara pemberian nama Prof Basri karena beliau pernah jadi wakil rektor, pernah jadi rektor pernah jadi menteri pernah jadi duta besar dan sekarang menjadi role model kami karena Prof Basri diusianya 82 tahun sealu tepat waktu kalau mengajar, tepat waktu kalau menguji dan sangat care dengan kami semua ini. Itulah kenapa kami beri nama ruang Prof Basri," sambungnya. 

Lebih lanjut dikatakan, hari ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis mencanangkan program internasionalisasi  yang digagas oleh Rektor Unhas.

"Jadi tidak ada lagi kompromi soal itu, karena itu program rektor yang harus diimplementasikan oleh sivitas akademika Fakultas Ekonomi sehingga hari ini Pak Rektor mencanangkan Internasionalisasi program di Fakultas Ekonomi dan Bisnis," tandasnya. 

Sementara Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, pada dies natalis ke-74 FEB Unhas ini agar terus berbenah ke arah yang lebih baik lagi. 

"Harapan saya tentu Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari masa ke masa dari waktu ke waktu terus berbenah diri dan mengembangkan diri untuk minimal sejajar dengan universitas-universitas terbaik di dunia. Bukan lagi di Indonesia tapi di dunia," tukasnya. 

Dia juga berharap bahwa dengan fasilitas FEB Unhas yang semakin baik dengan kapasitas sumber daya manusia yang semakin baik maka FEB Unhas akan menghasilkan alumni-alumni yang terbaik juga untuk menjadi pendorong pengembangan ekonomi. 

Bukan hanya untuk wilayah Makassar, lanjut Prof Jamaluddin Jompa, tapi juga Indonesia dan secara global bisa berkontribusi. Sebab menurutnya masalah ekonomi akan selalu menjadi masalah setiap saat. 

"Masalah resesi ekonomi akan mengancam dan ini semua akan menjadi kajian sehingga kontribusi FEB Unhas bukan hanya untuk jadi fakultas yang baik dan banyak alumni tapi juga memberi kontribusi untuk masalah-masalah yang terkait kesejahteraan dan penguatan daya saing," ujarnya. 

"Serta tentu untuk entrepreneurship penguatan sumber daya manusia untuk bisa menghasilkan banyak alumni untuk menghasilkan banyak pengusaha-pengusaha handal," tutupnya. 

Dies Natalis FEB Unhas tahun ini dirangkaikan dengan pelantikan pengurus pusat IKA Fakultas FE Unhas Periode 2022-2026.

Laporan : Darsil Yahya