Facebook Perkenalkan Koin Digitalnya Bulan Ini

Ilustrasi : cryptocurrency - (foto by Blokt)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta -  Facebook berencana untuk mengumumkan koin digital ini pada akhir bulan ini terkait  keseriusan facebook.com/" target="_blank">Facebook dalam mengembangkan koin digital (cryptocurrency) sendiri.

Dirilis CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia, nantinya karyawan yang mengerjakan proyek ini dimungkinkan untuk mengambil gaji dengan koin digital Facebook. Informasi ini dilaporkan The Information dan dikutip CNBC International, Kamis (6/6/2019).

Spekulasi pengembangan koin digital ini ramai dibicara setelah tahun lalu Facebook menunjuk mantan eksekutif PayPal David Marcus untuk menjajaki peluang blockchain, teknologi yang mendukung cryptocurrency.

Beberapa outlet telah melaporkan bahwa perusahaan telah membangun mata uang digitalnya sendiri, di mana pengguna dapat menyimpan, memperdagangkan, dan menukar mata uang reguler, sebagian melalui aplikasi Facebook termasuk Messenger dan WhatsApp. 

Laporan The Information menyebutkan Facebook juga merencanakan mesin seperti ATM fisik tempat pengguna dapat membeli mata uang tersebut. Koin digital ini dianggap bisa menjadi mesin uang baru Facebook yang selama ini hampir semua pendapatan berasal dari iklan. Facebook memiliki 2 miliar lebih pengguna di seluruh dunia.

Model iklan Facebook telah banyak dikritik oleh advokat privasi, anggota parlemen dan pers karena caranya mengumpulkan dan menggunakan informasi rinci pengguna. Pada acara tahun Facebook awal tahun ini, CEO Mark Zuckerberg menyatakan pembayaran sebagai area penting bagi perusahaan. Namun, kepala operasi Sheryl Sandberg dan CFO David Wehner "skeptis terhadap inisiatif internal ini," kata The Information.

Laporan itu mengatakan Facebook meminta organisasi pihak ketiga untuk bertindak sebagai "simpul" untuk membantu mengelola mata uang digital ini. Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar.