Dua Mahasiswa Polibos Magang di The Ritz-Carlton Malaysia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Dua mahasiswa Prodi Perhotelan Politeknik Bosowa (Polibos) Makassar, Leny Hashari dan Sri Rahayu, akan menjalani magang di The Ritz-Carlton Hotel Malaysia. Ini adalah bentuk kerja sama Polibos dengan hotel ternama di Malaysia tersebut.

Kerjasama ini adalah pertama kalinya di Indonesia Timur oleh pihak hotel The Ritz-Carlton dan prodi Perhotelan Polibos. Sebelumnya, beberapa mahasiswa Polibos dikirim ke Johor-Malaysia untuk magang di Grand Blue Wave Hotel.

Leny Hashari dan Sri Rahayu akan berada di Malaysia selama enam bulan untuk mengikuti Program Praktek Industri (PPI). Selama berada di Malaysia, mereka akan dilengkapi fasilitas asrama, mini home theater, gym, kolam renang, dan masih banyak lagi yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

“Jadi PPI selama enam bulan ini adalah magang yang berbayar. Maksudnya, selama magang di The Ritz-Carlton Hotel, mereka di gaji oleh pihak hotel. Tidak hanya itu, mereka juga disediakan fasilitas seperti asrama tempat tinggal, tempat nonton di mini home theater, tempat untuk gym, dan juga kolam renang,” ucap Ketua Prodi Perhotelan Polibos, Hotel Dewi Andriani, Rabu (7/11/2018).

Sebelum menjalani praktek di luar negeri, Leny dan Sri Rahayu melakukan praktek industri di kota Makassar yaitu di Hotel Horison dan Ultima Perintis. 

Program Praktek Industri (PPI) di Polibos dilakukan sebanyak dua kali dengan jangka waktu yang sama yakni selama 6 bulan. Dengan adanya program kerjasama luar negeri, mahasiswa Prodi Perhotelan dapat meningkatkan kualitas kerja, baik nasional maupun internasional.

“Dengan adanya kerjasama begini luar negeri, mahasiswa prodi hotel dapat membangun karir nasional maupun internasional. Ini juga akan membiasakan mahasiswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat global, sehingga mahasiswa dapat berpikir ‘think globali and act locali’,” kata Dosen Prodi Perhotelan, Nila Sartika.

Tidak hanya hotel-hotel luar negeri, hotel dalam negeri juga menjadi tempat dalam proses magang atau PPI mahasiswa Prodi Perhotelan Polibos. Seperti Aryaduta, Novotel, Horison, Amaris, Phoenix, Grand Serela, Sejarah Village, dan masih banyak lagi.