Legenda Bulu Tangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto, Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini - (foto by google)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Legenda bulu tangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto hari ini menjadi ikon Google Doodle. Dalam memperingati hari kelahirannya, Google Doodle menjadikannya wanita inspiratif. Meski telah tiada, mendiang Minarni Soedarjanto banyak meninggalkan prestasi membanggakan.

Dirilis CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia, wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944 ini menghembuskan nafas terakhir di Jakarta pada usia 59 tahun. Beliau, meninggal pada 14 Mei 2003.

Minarni Soedarjanto telah aktif bermain bulu tangkis antara tahun 1959 sampai 1975-an atau sejak usia 15 tahun. Minarni pernah  meraih gelar juara All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber. Pada All England 1968, PB PBSI yang mengirimkan Rudy Hartono, Ang Tjin Siang, Minarni Soedarjanto, dan Retno Kustiyah berhasil mencatatkan prestasi yang gemilang.

Kala itu, Minarni Soedarjanto meraih medali perak tunggal putri, dan ganda Minarni Soedarjanto/ Retno Koestijah meraih juara. Minarni Soedarjanto menjadi pemain bulu tangkis putri Indonesia pertama yang bisa mencapai babak final kejuaraan All England.

Tidak hanya itu, pada Piala Uber 1975 di Jakarta, Tim Indonesia yang diperkuat oleh Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Sumirah, Minarni Soedarjanto, dan Regina Masli berhasil mempersembahkan Piala Uber untuk pertama kalinya bagi Indonesia setelah di final menundukkan Jepang dengan skor 5-2. Siapa sangka, kemenangan itu menjadi pembalasan, setelah sebelumnya Minarni dan kawan-kawan gagal meraih gelar juara karena dikalahkan Jepang dalam babak final Piala Uber 1969 (skor 1-6) dan 1972 (skor 1-6).