Daun Pengusir Jin Ini Laris Manis di Makassar

Pohon Bidara - (foto by Ega)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Daun Bidara merupakan salah satu daun yang banyak tumbuh di Indonesia dan memiliki  banyak manfaat untuk tubuh manusia, dimana daun ini disebut-sebut dalam Al Qur'an bahwa “akan tumbuh untuk orang-orang muslim di surga”.

Di dalam Al Qur'an ada beberapa surah yang menjelaskan tentang daun Bidara ini, salah satunya adalah surah Al Waqiah ayat 27 hingga ayat 28.

Tanaman Bidara ini sendiri memiliki daun yang kecil dan agak bulat, berwarna hijau serta tinggi pohon bisa mencapai 15 meter dengan ranting yang cukup banyak dan berduri.

Sementara itu, ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun Bidara, seperti maag kronis, pendarahan, ambeyen dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Cara menggunakan daun Bidara sebagai obat cukup mudah, hanya dengan mengambil beberapa daunnya kemudian direbus dan airnya pun bisa diminum untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

Selain memiliki banyak khasiat dalam hal pengobatan, daun Bidara juga dipercaya mampu mengusir jin yang berkeliaran disekitar rumah maupun yang berada dalam tubuh manusia, hal tersebut senada dengan yang dituturkan oleh penjual pohon bidara, ibu Halimah kepada tim liputan CELEBESMEDIA.ID.

"Tanaman ini sangat digemari oleh masyarakat. Setiap hari salalu ada orang yang datang membeli pohon Bidara, mereka membeli tanaman ini untuk dijadikan sebagai obat penyakit dalam, selain itu ada juga yang membelinya untuk ditanam dan dijadikan sebagai pengusir jin disekitar rumah mereka," jelas Halimah.

Menurut ibu Halimah, daun Bidara yang dijualnya adalah daun Bidara Arab, tapi tanaman ini sudah tumbuh sejak lama di Indonesia, sehingga bisa ditemui dengan mudah.

Untuk pohon Bidara yang berukuran sekitar 30 cm, ibu Halimah menjualnya seharga Rp 60.000 sedangkan pohon Bidara yang berukuran sekitar 1,2 Meter dijual seharga Rp 800.000.