Ini Langkah Pencegahan Terhindar dari Rabies

Ilustrasi / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat, ada tiga kasus kematian manusia di tempat yang berbeda setelah diserang anjing pada tahun 2020 ini. Namun ke-3 peristiwa itu masih dalam proses pemeriksaan apakah hewan tersebut positif rabies atau tidak.

Virus rabies merupakan salah satu yang cukup mematikan dan kebanyakan berasal dari hewan jenis anjing dan kucing.

Pengawas Higeanes Sanitasi Usaha Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Fitriner di Dinas Peternakan Provisi Sulsel, drh Sahrini Tauf, mengatakan, Rabies merupakan penyakit sonosis yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Sahrini menjelaskan jika ciri-ciri anjing yang terkena rabies yaitu tidak mengenali tuannya, perubahan tingkah laku, hingga takut pada tempat gelap.

“Untuk penanganannya jika anjing tersebut sudah terlanjur kena rabies harus dietenasi. Namun untuk mencegah hewan yang terkena rabies harus divaksin 1 kali dalam setahun,” katanya.

Ia menambahkan, jika manusia terkena gigitan hewan namun hewan tersebut belum diketahui apakah sudah divaksin atau belum, maka langkah pertama harus diketahui adalah lokasi gigitanya.

“Di sekitar bekas gigitan itu dicuci dengan air yang mengalir dan sabun selama 15 menit. Setelah itu bawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk diberikan suntikan anti rabies,” tambahnya.

Jika anjing positif rabies, maka manusia yang terkena gigitan anjing tersebut akan mengikuti keagresifan anjing. Bisa mengalami kelumpuhan hingga kematian.

Tags : Rabies Makassar