Pecahkan Rekor, Salat Id di Taiwan Diikuti 15 Ribu WNI

Suasana Salat Idul Fitri di Taiwan - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 15 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) mengikuti salat Idul Fitri di halaman Museum Nasional Taiwan (NTM) Taipei pada Sabtu (22/4) waktu setempat.

Jumlah jamaah yang membeludak  memecahkan rekor sejak PCINU Taiwan secara aktif menggelar salat Idul Fitri sejak tahun 2008.

Melansir Antaranews, banyaknya jemaah mengharuskan pelaksanaan salat dibagi menjadi 6 gelombang.

"Dalam perkiraan kami, setiap gelombang diikuti sekitar 2.500 makmum," kata Ketua Tanfidziyah PCINU Taiwan Didik Purwanto.

"Membeludaknya jamaah hari ini lebih disebabkan oleh longgarnya prokes dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala KDEI Taipei Iqbal S Shofwan berpesan kepada para pekerja migran Indonesia agar selalu mematuhi peraturan perundang-undangan setempat.

"Jangan lupa selalu mengutamakan kehati-hatian dalam bekerja agar terhindar dari kecelakaan," ujarnya mengingatkan.

Selain di Taipei, PCINU Taiwan juga menggelar shalat Id di 17 daerah  mulai dari utara, timur, hingga selatan.

Salat Idul Fitri tersebut digelar Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI). Serta didukung oleh Global Workers' Organization (GWO).

Di tengah memanasnya situasi di Taiwan, beberapa masjid yang dikelola asosiasi Muslim setempat (CMA) juga tetap menggelar salat Idul Fitri, sama halnya dengan di China daratan dan Hong Kong.